-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
SKM
satu-layanan
PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital
Lapor.go.id
TV-TANI
pui-balittri

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 51 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253392
Pemantapan Riset melalui Kegiatan Evaluasi Tahun 2018 dan Rencana 2019 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Asif Aunillah dan KD. Sasmita   
Senin, 07 Januari 2019 07:30


Dalam rangka mewujudkan hasil riset yang mengedepankan inovasi teknologi yang berguna bagi masyarakat, khususnya petani di Indonesia, Puslitbang Perkebunan melakukan evaluasi laporan akhir kegiatan TA. 2018. Evaluasi ini dilaksanakan pada hari kamis-jumat  tanggal 3-4 Januari 2019 di Ruang Rapat lt. 2 Puslitbang Perkebunan. Kegiatan evaluasi hari pertama (3/1/2019) ini dibuka oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi Puslitbangbun, Dr. Rustan Massinai, M.Sc yang mewakili Bapak Kepala Puslitbang Pekebunan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa untuk tahun 2019 ini komoditas penelitian difokuskan untuk komoditas yang masuk dalam SK Badan litbang No. 115.I/Kpts/LB.3000/H/04/2018 tentang fokus komoditas penelitian dan pengembangan pertanian. Khusus Balittri, ditahun 2019 penelitian difokuskan pada komoditas kopi dan kakao. Ke depannya diharapkan dengan difokuskan komoditas yang diteliti dapat memberikan hasil inovasi yang nyata.


Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Evaluator dan para peneliti. Pada acara ini ditampilkan laporan dari judul-judul kegiatan penelitian TA. 2018 dan rencana kegiatan penelitian TA. 2019 dalam lingkup komoditas perkebunan diantaranya Model pengembangan bioindustri berbasis tanaman kemiri sunan dan aren; Model pengembangan bioindustri kopi-ternak; produksi benih untuk percepatan diseminasi varietas unggul baru; Karakterisasi komponen mutu dan analisis molekuler kopi arabika Luwu.



Pada kesempatan tersebut, salah satu peneliti Balittri, Ir. Maman Herman, menyampaikan laporan penelitian tentang Model pengembangan bioindustri berbasis tanaman kemiri sunan dan aren.  Pada kesempatan itu beliau menyampaikan secara lengkap kegiatan yang telah dilakukan di daerah penyangga waduk Gajah Mungkur, Wonogiri dan waduk Jatigede, Sumedang. Dari hasil penelitian ini sudah didaftarkan paten tentang teknologi proses produksi biodiesel, harapannya paten ini dapat segera keluar dan dapat dimanfaatkan oleh produsen biodiesel.

Selanjutnya, tim evaluator menyampaikan kritik dan masukan guna perbaikan laporan dan rencana riset yang lebih mendalam dan demi pengembangan IPTEK khususnya lingkup komoditas perkebunan. Diharapkan masukan dan saran yang diberikan oleh tim evaluator dan pembahas pada hari ini dapat menjadi perbaikan kepada masing–masing penanggung jawab dalam membuat laporan.


 

Artikel terkait