-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
satu-layanan
PPID
Lapor.go.id
Kalender Tanam
Ejurnal
perpus_digital
Sigap UPG
TV-TANI
Saber Pungli
SKM

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 926637
Balittri Dukung Benih Kopi Arabika Unggul Bersertifikat untuk Program Konservasi Citarum Harum PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Jumat, 11 Januari 2019 07:30

Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum telah banyak mengalami degradasi, sehingga berdampak luas ke aliran sungai Citarum dimana sungai menjadi kotor karena sampah dan limbah. Untuk mengembalikan fungsi dan keindahannya, maka perlu dilakukan upaya bersama oleh semua pihak, baik masyarakat, pemerhati lingkungan dan tentunya pemerintah. Salah satu langkah strategis adalah dengan melakukan upaya konservasi lahan, seperti yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan memberikan bantuan benih kopi Arabika untuk petani setempat. Ini merupakan wujud kepedulian pemerintah, dan akan dilakukan penanaman kopi Arabika dalam skala luas dan bertahap selama lebih kurang 3 tahun.



Acara yang langsung dihadiri oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman ini berjalan lancar walaupun sempat diguyur hujan. Animo masyarakat untuk mendengarkan arahan Bapak Menteri masih sangat tinggi. Amran  mengatakan, "bahwa sejauh ini telah banyak dilakukan pemberian bantuan untuk kelestarian dalam program citarum harum ini. Diantaranya berupa benih kopi Arabika sebanyak 1 juta dan 475 ton pupuk organik. Selain itu, ada juga bantuan 320.000 benih pala berikut 3 ribu ton pupuk organiknya. Serangkaian kegiatan ini juga merupakan amanat Peraturan Presiden nomor 15 tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai,"  lanjut Amran.



Salah satu bentuk nyata sumbangsih lainnya dari Kementerian Pertanian  melalui Badan Litbang Pertanian, yaitu dilakukan penandatangan MoU antara Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan dengan Direktur Utama PTPN VIII. Dalam nota kesepahaman tersebut dinyatakan dalam salah satu poinnya adalah perbanyakan benih unggul bersertifikat kopi Arabika. Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) mendapat tugas untuk pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai rencana yaitu 3 tahun. Dukungan Balittri juga terlihat nyata pada acara berlangsung dengan membantu pemberian benih kopi Arabika sebanyak 20 truk dengan jumlah sekitar 200.000 benih unggul bersertifikat. Bantuan ini adalah bagian dari jumlah seluruhnya yang dibagikan di wilayah Jawa Barat sebanyak 833.500 benih yang sudah didistribusikan.




Semoga Balittri selalu dapat memberikan kontribusi positif untuk pembangunan negeri melalui karya nyata seperti ini. Utamanya untuk kemajuan tanaman perkebunan. Seperti ajakan Bapak Menteri dalam penutupan arahannya. "Mari kita dukung konservasi lahan ini, kita upayakan untuk terus memajukan perkebunan dan menjadikan Jawa Barat juara lahir bathin serta menjadikan sungai Citarum bersih, indah dan berfungsi kembali sesuai peruntukkannya.



 

Artikel terkait