-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital
Lapor.go.id
TV-TANI
pui-balittri
WBS
SKM
satu-layanan
PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 46 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253545
Balittri Pertajaman Fokus Unggulan Pusat Unggulan Iptek Bioindustri Perkebunan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Asif Aunillah   
Senin, 14 Januari 2019 07:30

Akhir tahun 2018, Balittri masuk sebagai anggota Pusat Unggulan Iptek (PUI). Dalam rangka mempertajam fokus unggulan, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) mengikuti asistensi teknis penajaman fokus unggulan PUI tahun 2019. Acara tersebut diselenggarakan di Auditorium Agrosinema – Bogor pada tangga 10 Januari 2019. Acara tersebut di buka oleh Dr. Husnain, M.Sc, Kepala Balai Penelitian Tanah (Balittanah). Balittanah juga baru masuk sebagai anggota PUI di tahun 2019. Kegiatan ini diikuti oleh lembaga litbang yang baru masuk anggota PUI di tahun 2019, diantaranya Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan – KLHK, Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan – KLHK, Balai Penelitian Tanah – Kementan, Balai Riset Perikanan Laut – KKP, Pusat Penelitian Limnologi – LIPI, Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar - Kementan.




Di forum ini juga menghadirkan Dr. Ir. S. Joni Munarso, Tim pakar dari Balai Besar Pasca Panen yang lembaga litbang yg mendapatkan perpanjangannya sebagai lembaga PUI. Beliau menyampaikan setelah bergabung di PUI, semakin terbuka peluang kerjasama riset, selain itu sistem didalamnya dapat mendorong lembaga litbang mencapai target kinerjanya baik sebagai instansi penelitian maupun sebagai anggota PUI.

Dalam arahannya  Yudho Baskoro Muriadi, S. Sos., M.Si., MPP. menyampaikan, bahwa forum ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman terhadap peran masing-masing lembaga yang baru bergabung dalam program Pusat Unggulan Iptek serta memberikan penjelasan lebih detail terkait mekanisme pembinaan dan rencana kinerja, selain itu sebagai sarana silaturahmi antar lembaga PUI yang lokasinya berdekatan. Selain di Bogor, kegiatan ini rencananya akan dilakukan lagi di Bandung, Jakarta, Serpong, dan Jawa Tengah.




Bapak Yudho juga menyampaikan pentingnya monitoring target yang telah ditetapkan sebelumnya. Tim PUI telah memfasilitasi monitoring lembaga melalui online sistem yang telah dibuat, sehingga sekretariat lembaga dapat mengetahui bagian yang kurang dan bagian mana yang memenui target. Di dalam sistem tersebut juga terdapat fasilitas untuk menyampaikan masalah yang dihadapai, harapannya dengan segala fasilitas yang ada, lembaga terkait mendapatkan nilai lebih dari 850 sehingga dapat segera ditetapkan.

 

Artikel terkait