-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Sigap UPG
SKM
Ejurnal
Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
PPID
Lapor.go.id
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 39 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1150384
Peran Serta Tim #Bekerja Balittri dalam Rapat Persiapan Operasional Program #Bekerja Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Diah Ayu Rahmawati   
Rabu, 23 Januari 2019 07:30

Tim Program #Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan Rapat Persiapan Operasional Pelaksanaan Program #Bekerja pada hari Kamis tanggal 17 Januari 2019 di Ruang Rapat Balitbangtan. Rapat dipimpin oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Dr. Ir. Atien Priyanti Sudarjo Putri) dengan dihadiri Kepala Pusat/Kepala Balai Besar lingkup Badan Litbang Pertanian/perwakilan, perwakilan dari UPT lingkup Badan Litbang se-Jawa Barat, dan UPT lingkup Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan/perwakilannya.


Dalam acara ini peserta diberikan arahan tentang persiapan pelaksanaan Program #Bekerja Kementerian Pertanian (Kementan) TA. 2019 oleh Sekretaris Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dan arahan tentang Mekanisme pelaksanaan verifikasi Rumah Tangga Miskin (RTM) penerima bantuan program #Bekerja oleh Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Peternakan. Acara selanjutnya adalah pembentukan tim verifikasi RTM untuk 15 Kabupaten di Jawa Barat.


Balitbangtan pada TA. 2019 menjadi penanggung jawab Program #Bekerja di Jawa Barat yang meliputi Kabupaten Cianjur, Garut, Sukabumi, Tasikmalaya, Karawang, Indramayu, Bogor, Subang, Cirebon, Majalengka, Ciamis, Kuningan, Bekasi, Bandung Barat, dan Sumedang. Tim Program Bekerja akan merencanakan pelaksanaan verifikasi Rumah Tangga Miskin (RTM) calon penerima bantuan dari tanggal 22 – 29 Januari 2019. Jumlah  RTM di Provinsi Jawa Barat yang akan diverifikasi sebanyak 120.000 RTM. Verifikasi dilakukan berdasarkan database RTM yang telah direlease oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Verifikasi ini akan dilaksanakan oleh UK/UPT Balitbangtan bersama dengan: 1) Ditjen Hortikultura dan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, 2) Dinas Kabupaten terkait (Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian, Dinas Peternakan), 3) Petugas Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), dan 4) Aparatur perangkat desa.


Tim #Bekerja Balittri mendapatkan tugas memverifikasi RTM di wilayah Kabupaten Cianjur (Kecamatan Cijati, Kadupandak, Pasirkuda, Sukanagara, dan Tanggeung) dan Kabupaten Sukabumi (Kecamatan Cikembar, Jampang Tengah, Lengkong, dan Pabuaran). Verifikasi RTM dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu: 1) workshop verifikasi on desk oleh TKSK dan aparatur desa di Kantor Dinas Kabupaten terkait, 2) Kunjungan lapangan dan wawancara langsung dengan RTM yang meragukan (dipilih sekitar 7,5 - 10% dari total jumlah RTM).


Harapan semua pihak bahwa Program Bekerja TA 2019 ini dapat berjalan lancar dan sukses dalam mengentaskan rakyat dari kemiskinan dan mewujudkan masyarakat yang  makmur sejahtera.

 

Artikel terkait