-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Sigap UPG
SKM
Ejurnal
Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
PPID
Lapor.go.id
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 85 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1150352
Sosialisasi dan Verifikasi RTM dalam Program #Bekerja di Kabupaten Sukabumi PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Selasa, 29 Januari 2019 07:30

Dalam rangka program #Bekerja di wilayah Kab. Sukabumi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) mengadakan Sosialisasi dan Verifikasi Rumah Tangga Miskin (RTM) calon penerima bantuan ayam pada hari Jumat tanggal 25 Januari 2019 di Ruang Pertemuan, Kabupaten Sukabumi. Rapat dihadiri oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian (Dr. Ir. M. Prama Yufdi, M.Sc), Kepala Puslitbangnak (Dr. Ir. Atien Priyanti Sudarjo Putri), Bupati Sukabumi, Kepala Dinas, Staff Ahli Bupati, Camat lingkup Sukabumi, dan Kepala Desa calon penerima bantuan, tim panitia dari Puslitbangnak, staff perwakilan dari Puslitbangbun, Balittri, dan Balai Embrio Ternak Cipelang.

Agenda pertemuan diawali oleh sambutan Sekretaris Badan Litbang Pertanian (Dr. Ir. M. Prama Yufdi, M.Sc). Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih kepada Bupati dan jajarannya dalam mendukung suksesnya pelaksanaan program #Bekerja di Sukabumi. Selanjutnya sambutan dari Bupati Sukabumi, yang menyampaikan dalam sambutannya tentang harapan bahwa program ini dapat mendorong perkembangan peternakan dan pertanian di wilayah Sukabumi. Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala Puslitbang Peternakan tentang mekanisme pelaksanaan verifikasi RTM penerima bantuan program #Bekerja, diikuti dengan acara diskusi dengan para Kepala Desa dan TKSK.

Akhir acara panitia membagikan data RTM calon penerima bantuan kepada para Kepala Desa untuk diverifikasi bersama aparat desa di desa masing-masing masing. Kegiatan verifikasi oleh Puslitbangnak dan tim dilaksanakan pada hari berikutnya pada tanggal 26-29 Januari 2019 dengan mengunjungi desa penerima bantuan untuk mengadakan kegiatan verifikasi on desk dan verifikasi lapang bersama-sama dengan Kepala Desa dan aparat desa. Jumlah RTM yang diverifikasi di Kab. Sukabumi total sebanyak 12.336  RTM yang terdiri dari: Kecamatan Cikembar (1.450 RTM), Jampang Tengah (4.313 RTM), Lengkong (2.734 RTM), dan Pabuaran (3.839 RTM). Tim #Bekerja dari Balittri terdiri dari Ir. Handi Supriadi, Dr. Kurnia Dewi Sasmita, Diah Ayu Rahmawati, MM., dan Dadan Iskandar bersama tim dari Puslitbangnak mendapatkan tugas melakukan verifikasi RTM di Kec. Jampang Tengah (2.503 RTM dari 5 desa) dan Lengkong (1.900 RTM dari 4 desa).

Dengan adanya kegiatan verifikasi data RTM ini diharapkan bantuan program #Bekerja dapat diberikan secara tepat sasaran yaitu RTM petani yang benar-benar membutuhkan. Kegiatan ini juga merupakan langkah  antisipasi agar dalam pelaksanaan pemberian bantuan tidak terjadi persoalan di masyarakat di kemudian hari. Program Bekerja ini membutuhkan koordinasi dan peran serta aparat desa agar dapat berjalan lancar dan bersinergi dengan program pengentasan kemiskinan lainnya untuk masyarakat pedesaan.

 

Artikel terkait