-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi
WBS
Sigap UPG
SKM
Ejurnal
Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
PPID
Lapor.go.id
perpus_digital
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 41 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1150406
Peran Balittri dalam Program BEKERJA di Kabupaten Cianjur PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nendyo Adhi Wibowo   
Jumat, 01 Februari 2019 11:23

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah meluncurkan sebuah program guna mengentaskan kemiskinan yang disebut Program BEKERJA atau Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera. Program ini menjangkau 1.000 desa di 100 kabupaten dan 10 provinsi. Salah satu Kabupaten penerima program BEKERJA adalah Kabupaten Cianjur. Program BEKERJA merupakan bagian program padat karya tunai, berbasis usaha pertanian. Program ini diharapkan dapat menjadi solusi permanen pengentasan kemiskinan di Kabupaten Cianjur. Dalam rangka program BEKERJA di wilayah Kab. Cianjur, Balai Penelitian Ternak (Balitnak) selaku koordinator program mengadakan Sosialisasi dan Verifikasi Rumah Tangga Miskin (RTM) calon penerima bantuan ayam kampung unggul dimulai pada hari Jumat sampai Kamis  (25-31  Januari  2019). Sosialisasi diadakan di Ruang Pertemuan Bappeda Kabupaten Cianjur dan kegiatan verifikasi dilakukan di Kecamatan Sukanegara, Tanggeung, Cijati, serta Pasirkuda.  Sosialisasi program BEKERJA di Bappeda Kabupaten Cianjur dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dr. Ir. Parwinia, MM), dan di hadiri oleh Kepala Balai Penelitian Ternak, Balitbangtan, Kementan (Dr. Ir. Soeharsono), Camat lingkup Kabupaten Cianjur, Kapolsek dan Danramil lingkup Kab Cianjur, tim verifikator Kementerian Pertanian dari Balitnak, Balittri, Balithi, dan BPMSPH.

Dalam pemaparannya, Kepala Balitnak menyampaikan terimakasih kepada Bupati dan jajarannya dalam mendukung suksesnya pelaksanaan program BEKERJA di Kabupaten Cianjur. Kegiatan BEKERJA di Kabupaten Cianjur bertujuan untuk mendiseminasikan inovasi hasil penelitian bibit unggul ayam kampung dalam rangka melaksanakan pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian. Acara dilanjutkan dengan pemaparan secara teknis dari Koordinator Wilayah Kabupaten Cianjur Komarudin, MM, M.Sc  tentang mekanisme pelaksanaan verifikasi RTM penerima bantuan program BEKERJA, diikuti dengan acara koordinasi Tim Verifikator Kementan dengan para Kepala Desa dan Tim Kesejahteraan Tingkat Kecamatan (TKSK).

Tim BEKERJA dari Balittri yang berkolaborasi dengan Tim Balithi, Balitnak, dan BPMSPH masing-masing mendapatkan tugas verifikasi pada 4 kecamatan berbeda, yaitu Ir. Dewi Listyati di Kecamatan Sukanegara (3.208 RTM), Ir. Gusti Indriati, M.Si di Kecamatan Tanggeung (3.239 RTM), Nendyo Adhi Wibowo, M. Biotech di Kecamatan Pasirkuda (4.652 RTM), dan Ir. Bedy Sudjatmiko, M.Si di Kecamatan Cijati (3.228 RTM).

Dengan adanya kegiatan verifikasi data RTM ini diharapkan dapat dicapai dengan tepat sasaran pada RTM Petani yang benar-benar membutuhkan sehingga tercapai tujuan  program BEKERJA yaitu meningkatkan kapabilitas SDM Rumah Tangga Miskin (RTM) dan memberikan lapangan usaha baru sebagai sumber pendapatan.

 

Artikel terkait