-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
Lapor.go.id
Saber Pungli
SKM
WBS
Ejurnal
WBK
PPID
Kalender Tanam
Sigap UPG
perpus_digital
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 42 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 978943
Strategi Pengembangan Museum Tanah dan Pertanian sebagai Sarana Pembelajaran Masa Lalu dan Akan Datang PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Kamis, 07 Februari 2019 07:30

Rapat koordinasi (Rakor) tentang penyusunan galeri teknologi pertanian masa depan terkait usaha pengembangan museum tanah dan pertanian dilaksanakan di ruang rapat lantai 2 Museum Tanah pada tanggal 6 Februari 2019. Rakor dihadiri oleh eselon 2, 3  dan 4 atau yang mewakili lingkup Balitbangtan. Dibuka langsung oleh Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Dr. Ir. Leli Nuryati, M.Sc. sekaligus menyampaikan arahan dan kebijakan dalam penguatan dan revitalisasi museum tanah dan pertanian ini.

Dijelaskan bahwa Rakor ini adalah merupakan tindak lanjut dari Rapim B beberapa waktu lalu dimana Sekretaris Jenderal Pertanian menyampaikan keinginan Kementerian Pertanian terkait pengembangan museum ini ke depannya. Ditambahkan bahwa Balitbangtan diharapkan dapat berkontribusi secara aktif untuk perencanaan, pengisian dan dukungan untuk museum menjelang rencana soft launching oleh Menteri Pertanian yang dijadwalkan pada akhir Maret 2019. Balitbangtan diminta untuk menjadi penggerak untuk pengisian museum, mulai dari sejarah-sejarah pertanian zaman dahulu sampai pertanian modern. Semua Unit Kerja dan Unit Pelaksana Teknis akan memiliki ruang display sendiri-sendiri untuk memamerkan hasil olahan dan juga hal-hal penting dari semua komoditas pertanian.

Balittri sendiri akan disediakan khusus coffee corner yang bertujuan juga sebagai tempat untuk promosi produk-produk Balittri. Padu padan untuk di coffee corner ini juga nanti berkolaborasi dengan Balittro, Balittas dan Balitpalma. Balittro akan juga memberikan ruang untuk produk jamu-jamuan dan minuman segar lainnya. Balittas akan berkontribusi untuk minuman sehat rosella, sedangkan Balitpalma akan memberikan sumbangsihnya untuk produk-produk unggulan Balitpalma. Secara reguler juga akan ada display untuk produk-produk tadi. Misalnya kopi, coklat dan teh bisa mengirimkan secara teratur, sehingga kesegaran produk tetap terjaga. Semoga usaha revitalisasi museum tanah dan pertanian ini akan memberikan hasil yang signifikan terutama kepada para stakeholders yang memang sangat memerlukan infomasi terkait.

 

Artikel terkait