-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
Lapor.go.id
Saber Pungli
SKM
WBS
Ejurnal
WBK
PPID
Kalender Tanam
Sigap UPG
perpus_digital
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 12 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 979005
Rapat Kerja Pengembangan PUI 2019 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Khaerati   
Jumat, 08 Februari 2019 07:30

Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekditi) menggelar rapat kerja bersama untuk membahas pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI). Rapat yang dihadiri oleh 107 lembaga litbang dilaksanakan di Auditorium Graha Widya Bakti, Kawasan PUSPIPTEK Serpong Kota Tangerang Selatan, Banten. Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) juga berkesempatan hadir mengikuti pertemuan ini.

Direktur lembaga litbang Kemenristekdikti, Ir. Kemal Prihatman, M.Eng. membuka rapat kerja yang dilaksanakan pada hari rabu-kamis (30-31/1). Pada kesempatan itu, Kemal Prihatman menyampaikan terdapat 137 lembaga litbang yang tersebar di 33 Provinsi, 17 kota, dan 10 kabupaten di Indonesia. Dalam rapat kerja tersebut, ada beberapa hal yang menjadi pembahasan bersama terkait sinergisitas program kegiatan pada Direktorat Lembaga litbang, diantaranya mengenai Akreditasi Pranata Litbang (KNAPP), penguatan hilirisasi produk unggulan, fasilitasi penguatan kapasitas lemlitbang di pemerintah, pemetaan sinergi, serta skema insentif berbasis sinergi. Disampaikan pula bahwa perlunya membangun koordinasi antar lembaga, dan integrasi sinergis dari kapasitas yang dimiliki untuk dapat menghasilkan tingkat produktivitas litbang yang lebih tinggi.

Balittri pun tengah membangun komunikasi dan rencana sinergi riset dengan beberapa lembaga potensial seperti LEMIGAS, PUI Energi Baru dan Terbarukan di daerah terpencil (Pusat Penelitian tenaga listrik dan meka tronis (Otomatis)) LIPI, Pusat Penelitian Kimia LIPI, dan PUI Biorefineri Terpadu, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, BATAN, kerjasama riset cupping test (uji sensori) kopi dengan Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna, serta rencana kerjasama riset menghasilkan teknologi biopestisida menggunakan nanoteknologi dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit. Hal tersebut tentu saja sebagai upaya agar Balittri lebih meningkatkan produktivitas sebagai lembaga litbang Pusat Unggulan Iptek yang selalu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat luas melalui hilirisasi produk riset.