-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
satu-layanan
Lapor.go.id
WBS
PPID
SKM
WBK
Sigap UPG
Kalender Tanam
perpus_digital
Ejurnal
Saber Pungli

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 28 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1009101
Tim Bekerja Balittri Melakukan Verifikasi Rumah Tangga Miskin di Kecamatan Lengkong Sukabumi PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi dan Diah Ayu Rahmawati   
Kamis, 14 Februari 2019 07:30

Kegiatan verifikasi rumah tangga miskin (RTM) dilakukan untuk mengetahui jumlah RTM yang benar-benar layak mendapatkan bantuan dari progam #Bekerja Kementerian Pertanian. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara mengunjungi dan mewawancarai RTM. Substansi yang diverifikasi/ditanyakan terdiri dari : kondisi ekonomi RTM, kesediaan RTM menerima bantuan, keberadaan RTM, dan ketersediaan lahan untuk kandang ayam.

Kegiatan verifikasi RTM diawali dengan verifikasi on desk bersama Kepala desa dan aparat desa, yaitu dengan cara memverifikasi seluruh data RTM yang terdapat di suatu desa sehingga diperoleh data RTM yang layak menerima bantuan program #Bekerja. Selanjutnya dilakukan kunjungan dan wawancara kepada RTM sampel, yaitu sebanyak 10% dari total jumlah RTMdi suatu desa. Hasil verifikasi berupa data RTM yang telah diputuskan layak atau tidak layak menerima bantuan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Verifikasi RTM penerima bantuan program #Bekerja di Kecamatan Lengkong diadakan pada tanggal 26-29 Januari 2019 dengan jumlah RTM  sebanyak 2.734 RTM yang meliputi Desa Neglasari, Tegallega, Lengkong, Langkapjaya, dan Cilangkap. Tim #Bekerja dari Balittri yaitu: Ir. Handi Supriadi, Dr. Kurnia Dewi Sasmita, Diah Ayu Rahmawati, SIP, MM, dan Dadan Iskandar bersama tim dari Puslitbangnak selama 2 hari melakukan verifikasi RTM pada 4 desa yaitu desa Neglasari, Tegallega, Lengkong, dan Langkapjaya dengan total 1.900 RTM. Pada hari pertama verifikasi, tim Balittri berkunjung ke Desa Neglasari (313 RTM) dan pada hari kedua verifikasi dilakukan ke Desa Tegallega (535 RTM), Lengkong (433 RTM), dan Langkapjaya (619 RTM).

Berdasarkan hasil verifikasi RTM di lapang jumlah RTM yang layak untuk mendapatkan bantuan program #Bekerja di Desa Neglasari, Tegallega, Lengkong, Langkapjaya masing-masing adalah 301, 533, 433 dan 617 RTM.  sedangkan jumlah RTM yang tidak layak di Desa Neglasari, Tegallega dan Cilangkapjaya masing-masing sebanyak. 12, 2 dan 2 RTM. Penyebab RTM yang tidak layak  umumnya disebabkan karena meningkatnya kesejahteraan (menjadi kaya) dan pindah ke luar desa. Pada kegiatan verifikasi ini juga dijumpai fakta yaitu data RTM dari database yang masih belum dapat menjangkau seluruh petani miskin di pedesaan. Hal tersebut tentu memerlukan perhatian dan perbaikan data yang lebih baik oleh pemerintah di masa yang akan datang agar seluruh program pengentasan kemiskinan dapat merata dan menjangkau seluruh masyarakat yang masih dibawah garis kemiskinan.

 

Artikel terkait