-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
perpus_digital
Ejurnal
Saber Pungli
TV-TANI
satu-layanan
Lapor.go.id
WBS
PPID
SKM
WBK
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 32 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1011536
Balittri Menghadiri Forum Perangkat Daerah Tahun Anggaran 2020 Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Rabu, 20 Februari 2019 09:26

Bertempat di  Gedung Aula Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor dilaksanakan Forum Perangkat Daerah Tahun Anggaran 2020 pada tanggal 12 Februari 2019.  Acara yang diselenggaran oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan tersebut dihadiri oleh 64  orang peserta  yang berasal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, Kementerian Pertanian (Biro Perencanaan, BBP2TP, Balittri, Balittro dan BPATP),  Perguruan Tinggi, para camat lingkup Kabupaten Bogor, Penyuluh, kelompok tani, perbankan, asuransi  dan perusahaan swasta. Balittri menugaskan Ir.Handi Supriadi untuk hadir pada acara tersebut.

Acara dibuka oleh Bupati Kabupaten Bogor yang diwakili oleh Asisten Ekbang Pemda Kabupaten Bogor setelah itu dilanjutkan dengan penandatangan kerjasama antara PD. Pasar Tohaga dengan Kelompok Tani . Sebagai acara utama adalah  pemaparan makalah dari  Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Biro Perencanaan Kementerian Pertanian, Dinas  Tanaman Pangan, Hortikulturan dan Perkebunan Kabupaten Bogor dan IPB.

Dari paparan makalah yang disampaikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor Ir. Siti Nurianty, MM., diketahui bahwa salah satu program unggulan  Kabupaten Bogor adalah menjadikan Kabupaten  Bogor sebagai  produsen kopi Robusta terbesar di Jawa Barat. Upaya untuk mewujudkan program unggulan tersebut yaitu dengan melakukan  Peningkatan produksi, produktivitas dan nilai tambah tanaman kopi Robusta.  Selain itu pada tahun 2020 akan dicanangkan program  Bangga Kopi Bogor yang salah satu kegiatannya yaitu  mengharuskan setiap hotel atau penginapan di Kabupaten Bogor menyediakan minuman kopi asal Bogor. Untuk memperkenalkan dan memasarkan kopi Bogor ke masyarakat luas  pada tahun 2020 akan dilakukan Agriexpo.

Menurut Kepala Dinas, Balittri merupakan mitra penting bagi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultuta dan Perkebunan Kabupaten Bogor, karena  telah berperan aktif dalam meningkatkan produksi, produktivitas dan nilai tambah kopi Bogor, melalui kegiatan  (1) pengadaan klon unggul kopi Robusta, (2)  Bimtek perbanyakan bahan tanam, budidaya, pengendalian hama  dan penyakit serta pasca panen kopi Robusta serta (3) Penetapan indikasi Geografis Kopi Robusta. Peran Balittri sangat diperlukan untuk mewujudkan Bogor sebagai  produsen kopi Robusta terbesar di Jawa Barat. Kegiatan Forum Perangkat Daerah ditutup dengan penandatangan berita acara kesepakatan hasil Forum Perangkat Daerah.