-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
WBS
Ejurnal
perpus_digital
WBK
satu-layanan
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
TV-TANI
Kalender Tanam
Pakar Kopi
pui-balittri
Lapor.go.id

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 18 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1152475
Sosialisasi Perumusan dan Penetapan Register Resiko Kegiatan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Samsudin   
Kamis, 21 Februari 2019 07:30

Penetapan dan analisa resiko dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh suatu lembaga menjadi salah satu indikasi kamatangan (maturitas) lembaga tersebut. Untuk itu Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) mengadakan acara sosialisasi perumusan dan penetapan register resiko pada hari Selasa, 12 Februari 2019 di ruang rapat lt. 2 Puslitbangbun. Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi (PE) Puslitbangbun Dr. Rustan Massinai, S.TP., M.Sc. dan hadiri oleh seluruh peneliti dan struktural Puslitbangbun, kasie yantek dan jaslit Balittri Dr. Ir. Samsudin, M.Si, kasie yantek dan jaslit Balittro.

Sebagai narasumber utama acara tersebut adalah Kapala Subbagian Evaluasi dan Pelaporan (Evlap) Ibu Aulia, S.TP, M.M. Beberapa point penting yang harus ditindaklanjuti oleh Unit Kerja (UK) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) adalah melakukan sosialisasi kepada setiap pelaksana kegiatan, membuat analisa resiko untuk kegiatan tahun 2019, melakukan proses sistem pengendalian internal (SPI) yang baik. Form analisa resiko kegiatan diisi melalui tahapan: (1) mendefinisikan kegiatan, (2) mengindentifikasi proses kegiatan, (3) mengidentifikasi resiko setiap proses kegiatan, (4) menganalisa resiko, (5) memetakan resiko, dan (6) membuat register resiko.

Acara ini sangat bermanfaat bagi UK dan UPT lingkup Balitbangtan, karena form daftar resiko dan penanganan resiko bukan hanya sekedar formalitas di dalam proposal kegiatan tetapi telah dianalisa secara mendalam oleh seluruh personal yang terlibat.