-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
WBS
PPID
SKM
WBK
Sigap UPG
Kalender Tanam
perpus_digital
Ejurnal
Saber Pungli
TV-TANI
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 20 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1009036
Pacu Pelepasan Varietas Unggul Kopi Robusta, Pemprov Sumsel Dukung Penuh Balittri PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nendyo Adhi Wibowo   
Selasa, 26 Februari 2019 07:30

Provinsi Sumatera Selatan dikenal sebagai salah satu sentra utama penghasil kopi di Indonesia dengan luas areal keseluruhan mencapai 249.510 ha dan produksi mencapai 110.351 ton, mendukung sepenuhnya langkah-langkah Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) dalam melakukan kegiatan penelitian Kopi robusta dalam rangka mendapatkan varietas unggul baru kopi. Dukungan awal yang telah tertuang dalam Perjanjian Kerjasama antara Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel dan Balittri terimplementasi lebih lanjut pada kegiatan uji adaptasi terhadap calon varietas unggul baru di Kabupaten Lahat, dan koordinasi rencana pelepasan varietas unggul kopi di Kabupaten Pagar Alam (14-16 Februari 2019). Tim Balittri yang dipimpin oleh Kepala Balai (Ir. Syafaruddin, Ph.D) didampingi para peneliti (Ir. Enny Randriani dan Nendyo Adhi Wibowo, M.Biotech) disambut baik oleh Asisten II Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan (Yohanes H Toruan) didampingi Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel (H. Fakhrurozi Rais) dan Kasi Perbenihan (Havisman, M.Si).

Dalam koordinasinya, Asisten II Gubernur mengapresiasi hasil-hasil kegiatan penelitian kopi yang telah dilakukan secara komprehensif oleh Balittri bekerjasama dengan Dinas Perkebunan sehingga berhasil mendapatkan 3 calon varietas unggul di Kabupaten OKU Selatan, 2 calon varietas unggul di Lahat, 2 calon varietas unggul di Muara Enim, dan rencana pelepasan varietas unggul kopi dari Kabupaten Pagar Alam. Dukungan terhadap Balittri juga mengalir dari Bupati Lahat (H. Cik Ujang, S.H). Bupati Lahat didampingi Wakil Bupati (H. Haryanto, SE., MM., MBA) menerima kunjungan rombongan dengan baik di rumah dinas Bupati, dan beliau sangat mengapresiasi hasil kegiatan kopi yang dilakukan oleh Balittri di Kabupaten Lahat sehingga pengembangan varietas unggul kopi Lahat dapat meningkatkan kesejahteraan petani, dan identitas kopi unggul Kabupaten Lahat dapat dikenal luas dan berkembang secara nasional.

Selanjutnya, rombongan bersama Staf Khusus Gubernur bidang pengembangan ekonomi kreatif (Eko Agus Sugianto) meninjau kebun kopi robusta di Kabupaten Lahat milik petani. Dalam diskusi lapangnya, Kabalittri menjelaskan tentang perlunya penerapan teknologi budidaya yang baik (Good Agricultur Practice) serta perlunya penggunaan varietas unggul kopi yang telah terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan hasil panen biji kopi baik secara kuantitas ataupun kualitas sehingga mampu meningkatkan perekonomian petani.

Dalam rangkaian akhir kegiatan, Tim Balittri bersama rombongan Pemprov Sumsel juga disambut baik oleh Walikota Pagar Alam (Alpian Maskoni) beserta jajarannya. Dalam paparannya, Kabalittri menyampaikan data-data lengkap hasil penelitian kopi Pagaralam untuk mendukung pelepasan varietas unggul baru. Selanjutnya, Walikota menyampaikan apresiasi atas hasil yang diperoleh Tim Balittri dan Dinas Pekebunan Provinsi Sumsel dan mendukung penuh rencana pelepasan varietas unggul kopi Pagaralam dengan memberikan nama Calon Varietas Unggul Kopi Khas Pagaralam “BESEMAH” sebagai ciri khusus kebanggaan Kota Pagaralam.

 

Artikel terkait