-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
satu-layanan
Lapor.go.id
WBS
PPID
SKM
WBK
Sigap UPG
Kalender Tanam
perpus_digital
Ejurnal
Saber Pungli

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 31 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1009073
Petani Kuat Sukabumi Hebat PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh KD. Sasmita, Diah Ayu Rahmawati dan Dadan Iskandar   
Senin, 25 Februari 2019 07:30

Kementerian Pertanian menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Pertanian Terhadap Capaian Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi pada hari Kamis 21 Februari 2019 di Lapangan Asrama Haji, Desa Sukamulya, Cikembar-Sukabumi. Acara ini dihadiri oleh Menteri Pertanian (Dr. Andi Amran Sulaiman), Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM, Kepala Badan Karantina Pertanian, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Staf Ahli Pertanian, Anggota DPR Dewi Asmara, Ketua DRPD Sukabumi, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Sukabumi, perwakilan BUMN (BNI, BRI, Pusri, Bulog), para santri milenial, penyuluh, petani yang semuanya berjumlah sekitar 10.000 orang. Kegiatan yang bermoto “Petani Kuat Sukabumi Hebat” ini terselenggara guna mendukung Program Ketahanan Pangan untuk mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045.

Diawali dengan sambutan Bupati Sukabumi Marwan Hamami yang mendukung dan mengapresiasi acara ini untuk kemajuan pertanian Kabupaten Sukabumi. Acara selanjutnya adalah arahan Menteri Pertanian yang merupakan acara puncak. Beliau memaparkan bahwa bantuan yang akan diberikan di Sukabumi meningkat dari tahun 2018 yang hanya sebesar 40 M menjadi 84 M tahun 2019, dengan dana untuk pembagian ayam sebesar 14 M. Mentan menyatakan rasa syukurnya bahwa pada acara ini dapat melepas ekspor manggis dari Indonesia langsung ke Cina. Sebelumnya ekspor manggis dari Indonesia lebih dahulu transit di Malaysia dan Singapura sebelum tiba di Cina. Kini ekspor manggis dari Indonesia termasuk dari Sukabumi langsung ke Cina, sehingga semakin mempermudah ekspor dan meningkatkan kesejahteraan petani. Ekspor manggis Indonesia terus mengalami peningkatan, pada 2017 lalu ekspor manggis mencapai 9 ribu ton meningkat pada tahun 2018 menjadi 38 ribu ton atau meningkat sebesar 300 persen. Pada kesempatan ini Mentan juga menyalurkan bantuan kepada petani dan santri milenial berupa bantuan domba untuk 40 kelompok ternak masing-masing 25 ekor. Kemudian 4.00 ekor bibit ayam berikut pakan 8 ton, obat-obatan dan vitamin untuk Kelompok Usaha Bersama santri milenial Pondok Pesantren Nurul Huda. Selanjutnya bibit ayam 567.950 ekor untuk 11.359 rumah tangga miskin (RTM), bantuan berupa mangga, durian dan manggis 500 pohon, aneka benih sayuran dan 150 unit pengemasan untuk pengembangan kawasan fasilitasi pasca panen dan pengolahan, kemudian bantuan benih pala dan kelapa. Bantuan pun berupa traktor roda 2, cultivator dan pompa air.

Harapan dengan terselenggaranya acara ini dapat memperkuat peran Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu lumbung pangan dan produsen komoditas untuk ekspor sehingga meningkatkan devisa negara dan peningkatkan kesejahteraan petani.

 

Artikel terkait