-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
PPID
Lapor.go.id
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi
WBS
Sigap UPG
SKM

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 32 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1150451
Membangun Sinergitas Pengembangan Teknologi Perkebunan untuk Kesejahteraan Petani PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Samsudin   
Kamis, 28 Februari 2019 07:30

Bertempat di ruang rapat lt. 2 Puslitbang Perkebunan pada hari Kamis 21 Februari 2019 dilaksanakan Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Kerjasama bersama Pemerintah Daerah. Rakor ini sebagai tindaklanjut penandatanganan kerja sama penelitian dan pengembangan serta diseminasi teknologi dan inovasi perkebunan antara Puslitbang Perkebunan dengan Beberapa Pemerintah Daerah pada tahun 2018.

Rakor dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Dinas yang menangani bidang perkebunan, yaitu: 1). Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur, 2) Dinas Pertanian Kabupaten Garut, 3) Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor, 4) Dinas Pertanian Provinsi Banten, 5) Dinas Perkebunan Provisi Sumatera Selatan, 6) Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, dan 7) Pemerintah Daerah Kabupaten Buton. Sementara itu perwakilan UK dan UPT lingkup Puslitbang Perkebunan adalah Dr. Otih Rostiana dan Ir. Susilowati dari Balittro, Ir. M. Sholeh dari Balittas, Dr. Ir. Samsudin, M.Si dari Balittri, dan Ketua Kelompok Peneliti Puslitbangbun Dr. I Ketut Ardana.

Acara rakor dipimpin oleh Plh. Kepala Puslitbangbun Ir. Jelfina Alouw, MSc., Ph.D. yang didampingi oleh Kasubbid Kerjasama Dr. Saefudin. Dalam arahannya Ir. Jelfina Alouw, MSc., Ph.D. menyampaikan harapan dari Kepala Puslitbangbun pada tahun 2018 lalu yang saat ini telah menjabat sebagai Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si agar rintisan kerjasama dengan Pemda tahun 2018 lalu dapat terus dibina dan dilanjutkan sebagai sarana akselerasi diseminasi inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian. Pemaparan inovasi teknologi unggulan yang siap dikerjasamakan disampaikan oleh masing-masing perwakilan dari UPT lingkup Puslitbang Perkebunan. Dr. Ir. Samsudin, M.Si yang mendapat giliran pertama menyampaikan beberapa inovasi teknologi nggulan Balittri, antara lain: varietas unggul baru (VUB), penyediaan bahan tanaman bersertifikat, pupuk hayati, biopestisida, produk olahan kopi dan coklat. Selain itu disampaikan pula sarana prasarana dan sumber daya manusia (SDM) yang mendukung untuk kegiatan kerjasama.

Semua perwakilan dari Pemda yang hadir menyampaikan rencana kerjasama yang akan dilakukan tahun 2019 dengan Balittri untuk proses pelepasan varietas, peningkatkan produktivitas, bimbingan teknis (bimtek) dan peningkatan kualitas produk. Harapan yang mereka sampaikan agar sinergitas pengembangan inovasi teknologi perkebunan ini secara nyata dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

 

Artikel terkait