-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
pui-balittri
WBS
SKM
satu-layanan
PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital
Lapor.go.id

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 82 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253263
Penyampaian Inovasi Teknologi Pemupukan Ramah Lingkungan Kepada Petani Kopi di Pangandaran, Jawa Barat PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Jumat, 08 Maret 2019 07:30

Salah satu tugas Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) adalah menyampaikan hasil-hasil penelitian kepada pengguna. Bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Jabar, Balittri yang di wakili Ir. Handi Supriadi menyampaikan Inovasi Teknologi Pemupukan Ramah Lingkungan melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Petani Kopi di Desa Parakan Manggu, Kecamatan Parigi, Pangandaran Jabar. Kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2019 di Sekretariat Kelompok Tani Bina Sejahtera, Desa Parakan Manggu. Perserta yang hadir pada Bimtek tersebut sebanyak 25 orang petani (anggota kelompok tani Bina Sejahtera). Acara yang di Pandu oleh ketua Kelompok Tani Bina Sejahtera, dimulai dengan sambutan kepala desa Parakan Manggu, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran dan terakhir sambutan dari Petugas Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Sebagai acara utama adalah presentasi teknologi inovasi pemupukan ramah lingkungan yang dilanjutkan dengan diskusi dan praktek di lapangan.

Petani di Parakan Manggu baru dua tahun mengembangkan tanaman kopi Robusta. Dari hasil diskusi terungkap bahwa petani di desa tersebut belum mengenal teknologi Pemupukan yang sesuai dengan GAP, sehingga materi yang disampaikan oleh Nara sumber merupakan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat bagi mereka. Petani belum mengenal bahan tanam kopi Robusta unggul/Klon unggul, mereka sangat berminat untuk menanam kopi Rubusta menggunakan klon/varietas unggul.

Petani sangat mengharapkan Pemda dan Pemerintah Pusat (Balittri) dapat melakukan pendampingan inovasi teknologi budaya kopi Robusta yang sesuai GAP agar produksi dan mutu kopi Robusta di Desa Parakan Manggu mencapai hasil yang Optimal.

 

Artikel terkait