-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
Ejurnal
Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
PPID
Lapor.go.id
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi
WBS
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 43 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1150418
Pembekalan Pejabat Perbendaharaan Negara Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2019 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi dan Wanda   
Jumat, 01 Maret 2019 07:30

Kegiatan Pembekalan Pejabat Perbendaharaan Negara bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan akuntabilitas pengelolaan anggaran/keuangan pada Satker Pusat dan UPT vertikal lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 - 21 Februari 2019, di Auditorium Gedung F kantor pusat Kementan, yang dihadiri 400 orang yang berasal 191 Satker dan 11 Eselon 1 Kementerian Pertanian. Acara diawali laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan Setjen Kementan, Ir. Widono, MM. Pembukaan Acara dan pengarahan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Ir. Syukur Iwantoro, MS, MBA.

Sekjen Kementan mengingatkan bahwa pola serapan anggaran Kementan masih cenderung melonjak pada tiga bulan terakhir. Untuk itu diharapkan agar pengelolaan penyerapan anggaran lebih baik lagi kedepannya. Anggaran Kementan setiap tahunnya cenderung meningkat, dengan anggaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja Kementan dan kesejahteraan petani. Selanjutnya Sekjen Kementan menyampaikan bahwa Kementan telah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI selama 2 tahun berturut-turut, sejak tahun 2016. Sekjen Kementan sangat mengharapkan agar Kementan mampu mempertahankan opini WTP atas Laporan Keuangan Kementan Tahun 2018.

Pada hari pertama ditampilkan 3 narasumber yang berasal dari KPK, Ditjen Pajak dan Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan. Sedangkan pada hari kedua ditampilkan 2 narasumber yang berasal dari Itjen dan Setjen Kementerian Pertenaian. Materi pembekalan yang disampaikan para naras umber antara lain : (1) Kebijakan perbendaharaan keuangan, (2) Tata cara penyelesaian tuntutan ganti kerugian negara terhadap pegawai negeri bukan bendahara, (3) Akuntabilitas pelaporan keuangan Kementan tahun 2019, (4) Kebijakan pengawasan internal lingkup Kementan, (5) Jabatan fungsional bidang perbendaharaan, pranata keuangan APBN, (6)  Pengelolaan piutang dan (7) Evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran Kementerian tahun 2018 dan Langkah-langkah strategis tahun 2019.

Penilaian akuntabilitas kinerja satker diukur atas 12 variabel yaitu : (1) Revisi DIPA, (2) Deviasi halaman 3 DIPA, (3) Pagu minus belanja pegawai, (4) Retur SP2D, (5) Serapan anggaran, (6) Penyelesaian tagihan, (7) Penyampaian data kontrak, (8) Pengelolaan UP, (9) LPJ bendahara (10) Pengembalian SPM (11) Dispensasi SPM dan (12) Deviasi RPD Harian. Aspek SDM juga menjadi bagian penting dalam pengelolaan keuangan. Penguatan SDM pejabat Pengelola Keuangan yang  kompeten, berkualitas, bersih dan akuntabel diharapkan mampu untuk memperbaiki tata kelola serapan anggaran di masing-masing satker sehingga pengelolaan anggaran Kementan menjadi semakin baik. Pembekalan ditutup oleh Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan Setjen Kementan Ir. Widono, MM.

 

Artikel terkait