-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
Lapor.go.id
WBS
PPID
SKM
WBK
Sigap UPG
Kalender Tanam
perpus_digital
Ejurnal
Saber Pungli
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 27 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1009137
Rapat Kerja Badan Litbang Pertanian menuju Pencapaian Strategi Kementan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Senin, 04 Maret 2019 07:30

Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) selalu bertekad untuk memberikan karya terbaik dan berkontribusi mendukung pencapaian sasaran-sasaran strategis Kementerian Pertanian (Kementan). Inovasi-inovasi unggulan yang telah dihasilkan terus dijaga dan ditingkatkan sesuai dengan tuntutan zaman era pertanian modern. Saat ini Balitbangtan sudah memasuki era pertumbuhan kurva kedua (2005-2035), sehingga perlu melakukan reorientasi kebijakan dan tetap fokus meningkatkan aspek manajemen sumberdaya dan inovasi litbang serta hilirisasi teknologi dan inovasi hasil Balitbangtan, sehingga lebih membumi dan bermanfaat untuk tercapainya kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Raker dilaksanakan di Hotel Rocky Plaza, Padang-Sumbar pada tanggal 21-23 Februari 2019. Raker mengangkat tema “Konsolidasi Manajemen Peningkatan Kapasitas SDM Litbang Mendukung Percepatan Capaian Sasaran Strategis Kementerian Pertanian”, yang bertujuan untuk merefokusing arah dan kebijakan pengembangan sumberdaya manusia Balitbangtan, dalam penyelenggaraan program penciptaan teknologi inovasi era pertanian modern. Secara spesifik, tujuan Raker ini adalah:

a. Membahas manajemen pengembangan kapasitas SDM Fungsional dan SDM Pendukung Balitbangtan, dalam menyongsong era pertanian modern menuju era industri 4.0

b. Menyusun strategi operasional pemberdayaan SDM Litbang dalam implementasi program dan kegiatan Balitbangtan.

Kepala Balitbangtan, Dr. Fadjry Djufry menyampaikan arahan dan sekaligus membuka Raker dihadapan para peserta sekitar 175 peserta, yang terdiri dari: Sekretaris Balitbangtan, Kepala Pusat/Puslitbang/BB, Kepala Balit/Lolit, BPTP dan BPATP, Kepala Bagian lingkup Sekretariat Badan, Kepala Bagian TU Lingkup Badan Litbang, dan Kepala Subagian TU lingkup UK/UPT Balitbangtan, Pengurus Harian FKPR, Tim Ahli Balitbangtan. Materi bahasan yang disampaikan dalam Raker kali ini, diantaranya adalah Topik Permentan No.12 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Lingkup Kementan, Arah Pengembangan SDM untuk Riset Nasional, dan Grand Design Pengembangan SDM Litbang Pertanian.

Hal-hal yang diharapkan dari penyelenggaraan Raker ini adalah bahwa fokus kebijakan pengembangan SDM litbang pertanian pada era pertanian modern dapat lebih terjaga, serta tersusunnya rencana jangka panjang pengembangan sumberdaya manusia Balitbangtan yang selaras dengan penyelenggaraan program penciptaan teknologi inovasi era pertanian modern. Semoga bahasan diskusi panjang dalam Raker ini memberikan manfaat bagi semua peserta Raker dan dapat terimplementasikan sampai ke semua lapisan di setiap UK/UPT.

 

Artikel terkait