-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital
Lapor.go.id
TV-TANI
pui-balittri
WBS
SKM
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 56 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253439
Balittri Mengupayakan Agar Kopi Arabika Pelag Terdaftar Sebagai Varietas Lokal Asal Garut PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Jumat, 15 Maret 2019 07:30

Kopi Arabika Pelag terdapat di Kampung Pelag, Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut. Lokasi pertanaman kopi Arabika Pelag berada pada ketinggian tempat 1300 m dpl, jenis tanah Andosol dan tipe Iklimnya A. Kopi tersebut sudah ditanam oleh petani setempat sejak 75 tahun yang lalu, dan saat ini luas arealnya sudah mencapai 35,7 ha. Petani yang mengelola kopi Arabika Pelag tergabung dalam kelompok tani Sinergi Jaya yang beranggotakan 35 orang.

Penanaman kopi Arabika Pelag yang dilakukan petani menggunakan teknologi budidaya  berkelanjutan. Kopi tersebut ditanam di bawah tegakan penaung (misalnya Eucalyptus, suren dan lain-lain) dan pemupukan umumnya dilakukan menggunakan pupuk organik, seperti kotoran domba, ayam dan lain-lain. Panen dilakukan jika buah kopi telah berwarna merah dengan cara di petik satu per satu. Buah kopi hasil panen yang sudah terkumpul segera disortir dan dirambang di bak air untuk mendapatkan buah kopi yang baik dan bebas dari hama penggerek buah kopi. Pengolahan selanjutkan dilakukan dengan cara Full Wash, Natural maupun Wine Coffee.

Produktivitas kopi Arabika Pelag pada umur 6 tahun dapat mencapai 18 - 20 kg buah kopi/  pohon/tahun atau setara dengan 3,6 – 4,0 kg kopi beras (green bean)/pohon/tahun, dan kopi tersebut dapat berbuah sepanjang tahun. Citarasa kopi Arabika Pelag tergolong spesialti dengan skor nilai 83 – 85. Nilai jual kopi Arabika Pelag tergolong premium. Kopi sangrai (roasted beans) yang di olah secara Full wash, natural dan wine coffee sudah terjual dengan harga masing-masing Rp. 750.000; Rp. 1.500.000 dan Rp. 2.500.000 per kg.

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Garut telah melakukan penelitian terhadap kopi Arabika Pelag sejak tahun 2014. Tim peneliti Balittri yang terlibat dalam penelitian tersebut yaitu: Ir. Syafaruddin, Ph.D, Ir. Enny Randriani, Ir. Handi Supriadi dan Dani, M.Sc. Diupayakan pada tahun 2019 ini kopi Arabika Pelag dapat terdaftar sebagai varietas lokal asal Garut dan untuk selanjutnya dapat dilepas sebagai varietas unggul. Untuk mewujudkan upaya tersebut  pada tanggal 2 Maret 2019 telah dilakukan evaluasi dan pengambilan gambar oleh Ir. Handi Supriadi yang didampingi Triadhini Dhamayanti Ernan, SP, ME., Kepala UPT Balai Benih Perkebunan, Dinas Pertanian Kabupaten Garut di lokasi pertanaman kopi Arabika Pelag untuk melengkapi dokumen pendaftaran varietas lokal Kopi Arabika Pelag.

 

Artikel terkait