-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
Ejurnal
Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
PPID
Lapor.go.id
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi
WBS
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 41 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1150426
E-Kinerja: Optimalisasi Kinerja Secara Digital PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Jajat Sudrajat   
Selasa, 26 Maret 2019 07:30

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kata kunci dalam mencapai keberhasilan pelaksanaan kegiatan sebuah birokrasi. SDM yang efektif adalah sebuah sistem yang ideal dalam membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang professional, memiliki kinerja dan etos kerja yang tinggi. Manajemen SDM dirasa sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk miningkatkan efisiensi, efektifitas, serta tingkat profesionalisme  penyelenggaraan tugas pemerintahan.

Pusat Penelitian dan pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Kementerian Pertanian (Kementan) melaksanakan TOT (Training of Trainer) bagi Pengelola Kepegawaian UPT lingkup Puslitbang Perkebunan, di Ruang Display Puslitbang Perkebunan tanggal 8 s.d. 10 Maret 2019. Kegiatan ini diikuti oleh Pengelola Kepegawaian UPT lingkup Puslitbang Perkebunan yakni Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas), Balai Penelitian Tanaman Palma (Balitpalma) dan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Hal ini  tentu saja mengacu pada implementasi Permentan Nomor 12 Tahun 2019 mengenai Evaluasi Kinerja Pegawai, dan penerapan aplikasi ekinerja yang baru mengacu pada Keputusan Menteri Pertanian Nomor 670/Kpts/OT.040/09/2018 tentang Uraian Tugas Jabatan Pelaksana di lingkungan Kementerian Pertanian. Hadir sebagai narasumber yakni Sjafril S.E dan Yusuf Supriyadi, A.Md.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan pemaparan aspek legalitas sebagai dasar pelaksanaan evaluasi kinerja pegawai serta ruang lingkup metode dalam pelaksanaannya serta praktek operasional sistem aplikasi yang akan digunakan sebagai instrumen dalam rangka pengelolaan data kinerja pegawai. Langkah selanjutnya setiap UPT untuk melakukan analisis butir kegiatan, khususnya untuk jabatan pelaksana (fungsional umum) berpedoman pada Keputusan Menteri Pertanian Nomor 670/Kpts/OT.040/09/2018 tentang Uraian Tugas Jabatan Pelaksana di lingkungan Kementan. Sementara untuk jabatan fungsional tertentu tetap berpedoman pada juknis jabatan fungsional tertentu masing-masing sebagaimana telah ditetapkan. Sebagaimana diketahui bahwa implementasi aplikasi ekinerja yang baru direncanakan mulai pada bulan April 2019.

 

Artikel terkait