-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 48 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290489
Capacity Building Pengolahan Kakao untuk Pranata Laboratorium Politani PangKep PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Eko Heri Purwanto dan Tajul Iflah   
Senin, 01 April 2019 07:30

Dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia staf Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dan staf Teknisi Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan, Politeknik Pertanian Pangakjene Kepulauan (Politani Pangkep) mengirimkan 5 orang staf untuk mengikuti kegiatan pelatihan pengolahan kakao hingga menjadi bubuk dan cokelat. Untuk kesekian kalinya Balittri dipercaya menjadi wahana pengayaan ilmu bagi SDM dari lembaga pendidikan tersebut.

Sebelum kegiatan dimulai, rombongan diterima oleh Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian (Kasie yantek dan Jaslit) Dr. Ir. Samsudin, M.Si didampingi tim peneliti dari bidang ilmu pascapanen Ir. Juniaty Towaha dan Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. Diawal sambutan, Kasie yantek dan Jaslit juga memaparkan profil mengenai institusi dan fasilitas yang telah dimiliki. Kegiatan pelatihan dimulai pada hari Selasa (19 Maret 2019) dengan materi kelas (teori) mengenai tahapan penanganan pascapanen kakao. Pemaparan dan penjelasan di setiap tahapan ini disampaikan secara jelas dan juga diselingi dengan diskusi sehingga interaksi antar pemateri dan peserta berlangsung intens.

Hari kedua dari pelatihan berupa praktikum mengenai proses pengolahan kakao yang dilakukan di unit pengolahan kopi dan kakao di kawasan Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI). Praktek pengolahan yang dilakukan berupa aplikasi mesin pengolah kakao mulai dari roaster, desheller & nib separator, cocoa butter press, ball mill dan vertical tempering machine. Praktek pengoperasian alat ini sesuai dengan tujuan pelatihan dan rencana pengoperasian alat pengolah kakao sebagai bahan pembelajaran mahasiswa di Politani Pangkep.

Di sela-sela praktikum, mereka juga diajak ikut berkeliling kawasan AwWI. Mereka cukup antusias dengan fasilitas perbanyakan benih kopi dan kakao. Selain itu mereka juga diajak ikut berkunjung ke instalasi bahan bakar nabati. Disini mereka dapat melihat langsung beberapa koleksi biodiesel dari beragam sumber nabati.

 

Artikel terkait