-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Lapor.go.id
pui-balittri
TV-TANI
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK
perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 43 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290289
Pelantikan Pejabat Fungsional Lingkup Balitbangtan Wujud Pengakuan Kompetensi SDM Kementan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Ilham N. A. Wicaksono   
Senin, 08 April 2019 07:30

Sumber daya manusia (SDM) dinilai tetap menjadi faktor utama dalam mendukung kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) terlebih di saat sekarang yang memasuki era revolusi industri 4.0, seperti yang dicanangkan pemerintah. Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mempunyai jabatan fungsional harus mampu meningkatkan kompetensi sesuai bidangnya sehingga dapat mengikuti arus perubahan dan tuntutan yang semakin tinggi. Salah satu wujud pengakuan kompetensi di bidang SDM adalah dengan melantik pejabat fungsional ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 bahwa setiap ASN yang diangkat dalam jabatan harus dilantik dan mengangkat sumpah/janji jabatan menurut agama atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pada hari Selasa, 2 April 2019 pukul 13.00 WIB sampai selesai, bertempat di ruang rapat lantai 4 kantor pusat Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) digelar acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Fungsional.  Pejabat fungsional yang dilantik berjumlah 66 orang yang terdiri dari jabatan fungsional peneliti, penyuluh pertanian, teknisi litkayasa, dan arsiparis. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si, dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas dan penandatanganan berita acara pelantikan. Peneliti, Teknisi Litkayasa, dan Arsiparis lingkup Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) yang dilantik berjumlah 4 orang yang berasal dari Puslitbangbun, Balittri, Balittas dan Balittro. Peneliti Balittri yang hadir dalam acara tersebut adalah Ilham Nur Ardhi Wicaksono, S.P., M.Si. dengan jabatan baru sebagai Peneliti Ahli Muda.

Dalam sambutannya, Kepala Balitbangtan menyampaikan bahwa setelah dilantik, pejabat fungsional harus mampu meningkatkan kinerjanya karena dengan adanya kenaikan jabatan pasti akan disertai tugas dan tanggung jawab yang semakin besar. Ditambah lagi dengan adanya peningkatan tunjangan kinerja sebesar 80% maka Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) juga harus terpenuhi. Tunjangan kinerja akan diterima berdasarkan capaian SKP bulanan, untuk itu setiap ASN Kementan harus memperhatikan aspek kehadiran dan kinerja, keduanya harus berjalan dengan baik. Terakhir, beliau mengucapkan selamat kepada semua pejabat fungsional yang dilantik dan berharap setelah sampai di UK/UPT masing-masing mampu memberi sumbangsih demi kejayaan pertanian Indonesia.

 

Artikel terkait