-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK
perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 177 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290432
Rapat Kerja Terpadu Balitbangtan untuk Lebih Efektif dan Efisien PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Selasa, 09 April 2019 07:30

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan Rapat Kerja (Raker) Terpadu untuk empat Pusat Penelitian Komoditas di bawah Balitbangtan, yaitu Pusat Penelitian Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan yang berlangsung pada tanggal 3-5 April 2018 di Hotel Aria, Malang. Raker mengangkat tema "Konsolidasi Manajemen SDM, Program 2020-2024 dan Akselerasi Diseminasi Teknologi Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan Mendukung Kebijakan Strategis Kementerian Pertanian". Raker dibuka langsung oleh Kepala Balitbangtan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si. Dihadiri oleh sekitar 700 peserta yang terdiri dari pejabat eselon 2, 3 dan 4 serta para peneliti, teknisi, penyuluh dan kepala kebun percobaan lingkup Balitbangtan, serta para Kepala Balitbangtan terdahulu seperti Prof. Dr. Ahmad Suryana, Dr. Haryono dan Prof. Dr. M. Syakir. Juga tim pakar Upsus, Profesor riset dan tenaga ahli Kementerian Pertanian (Kementan).

Kepala Balitbangtan dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa konsolidasi dan sinergisitas antar Pusat Penelitian dalam mengoptimalkan hasil-hasil penelitian komoditas terutama dalam menciptakan dan menghasilakan varietas unggul dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan dukungan kemantapan kapasitas dan penguasaan teknologi peneliti merupakan hal yang sangat penting. Ditambahkan juga bahwa program dan kegiatan corporate lingkup Balitbangtan harus diutamakan. Oleh sebab itu sinergisitas lingkup Balitbangtan dan lintas Kementerian bahkan lembaga harus terus ditingkatkan. Raker Terpadu ini diharapkan menjadi rapat yang paling efektif dan efisien dalam penyebaran informasi, menyeragamkan visi misi dan juga menuntaskan tugas yang dibahas dalam Raker.

Raker Terpadu ini diketuai oleh Kapuslitbanghorti Dr. Ir. Hadiyanto, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tujuan Raker ini adalah menyusun strategi dan rencana pengelolaan manajemen dan pengembangan sumberdaya dalam rangka peningkatan daya saing SDM litbang, melakukan refocusing kegiatan Litbang Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Peternakan tahun 2019 melalui sinkronisasi kegiatan dalam percepatan pencapaian Program Balitbangtan dan sasaran strategis Kementan. Memantapkan rencana operasional kegiatan 2019 dan rencana penuntasan kinerja 2015-2019 sebagai landasan kebijakan Litbang Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Peternakan 2020 – 2024. Mengimplementasikan rencana percepatan hilirisasi dalam upaya penderasan inovasi teknologi Litbang Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Peternakan melalui diseminasi, dan menindaklanjuti hasil Raker Balitbangtan 2019.

Semoga Raker Terpadu memberikan pencerahan dan bekal yang kuat kepada seluruh peserta, sehingga dapat diimplementasikan dalam kegiatan penelitian dan pengembangan, dapat menentukan prioritas pekerjaan dan menyelesaikan dengan tepat serta dapat meningkatkan kapabilitas SDM khususnya di lingkup empat Puslit terkait dan Balitbangtan pada umumnya.

 

Artikel terkait