-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 58 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290474
Workshop Panduan Mutu Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Intan Nurhayati   
Senin, 15 April 2019 08:29

Salah satu upaya penguatan kapasitas sumber daya penelitian dan pengembangan adalah melalui akreditasi pranata litbang yang dikeluarkan oleh Komite Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP). Akreditasi KNAPPP merupakan pengakuan formal atas kredibilitas dan akuntabilitas pranata litbang sesuai dengan pedoman mutu yang dikeluarkan KNAPPP. Selain itu, akreditasi KNAPPP juga merupakan prasyarat dalam menetapkan suatu pranata litbang menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI).

KNAPP

knapp bimtek

Tim akreditasi KNAPP Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) mendapatkan kesempatan emas untuk mempelajari secara mendalam akreditasi KNAPPP ini dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Akreditasi Pranata Litbang pada tanggal 4-5 April, bertempat di Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BPTPTH), Bogor. Selain Balittri, peserta juga berasal dari Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (Kementerian Kelautan dan Perikanan), serta Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI/Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

knapp bimtek

knapp bimtek

Acara dibuka oleh Kepala Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan, Drs. Jonny Holbert Panjaitan, M.Sc yang menyampaikan harapannya agar pelaksanaan Bimtek ini membantu peserta bimtek mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai persyaratan dan pengetahuan teknis untuk pengajuan akreditasi. Selanjutnya acara bimtek dibimbing oleh Dr. Joni Munarso, M.Si. dengan dibantu tim dari Sekretariat KNAPPP.

knapp bimtek

knapp bimtek

Acara bimtek ini berfokus pada pedoman KNAPPP 02 : 2007 yang merupakan panduan mutu dalam pengajuan akreditasi. Peserta tidak hanya dibimbing untuk memahami secara teoritis mengenai pedoman dalam memperoleh akreditasi KNAPPP beserta tahapan-tahapannya, tetapi dengan adanya simulasi, peserta mempelajari secara teknis dasar-dasar pembuatan dokumen, menyusun panduan mutu, prosedur kerja, intruksi kerja serta dokumen-dokumen pendukung lainnya. Selain itu, peserta juga menyampaikan permasalahan teknis yang dihadapi baik saat penyusunan dokumen maupun teknis pengajuan akreditasi itu sendiri.

 

Artikel terkait