-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 40 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290481
Program BUN500 untuk Kejayaan Perkebunan Indonesia PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Samsudin   
Jumat, 26 April 2019 07:30

Direktorat Perbenihan Perkebunan, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian mengadakan FGD penyusunan grand design BUN500 di Hotel Royal Padjadjaran, Bogor (15-16 April 2019). BUN500 merupakan program penyediaan benih tanaman perkebunan sebanyak 500.000.000 (lima ratus juta) benih pada tahun anggaran 2019-2024. Acara ini dibuka oleh Direktur Perbenihan Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar, M.P.

FGD ini dihadiri oleh para Direktur atau yang mewakili dari eselon II lingkup Direktorat Jenderal Perkebunan, Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, Ambon dan Surabaya, Kepala Balai atau yang mewakili lingkup Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Riset Perkebunan Nusantara (PT. RPN) dan staf terkait lingkup Direktorat Perbenihan Perkebunan.

Acara yang sesuai jadwal dimulai pada pukul 09.00 WIB sempat tertunda karena menunggu kehadiran para pejabat terkait yang sedang mengikuti Launching Biodiesel B100 di Kementerian Pertanian, yang merupakan produk hasil olahan dari salah satu tanaman perkebunan. Benih unggul komoditas perkebunan yang dikemas dalam program BUN500 ini nantinya akan digunakan untuk meremajakan tanaman yang sudah tua, merehabilitasi tanaman dan perluasan tanaman perkebunan di sentra-sentra perkebunan. Direktur Jenderal Perkebunan Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc. dalam arahannya menyampaikan bahwa program BUN500 ini akan fokus pada 8 komoditas unggulan, yaitu: kopi, kakao, karet, lada, pala, cengkeh, tebu, dan kelapa. Pada FGD tersebut Kasie Yantek & Jaslit Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Dr. Ir. Samsudin M.Si hadir mewakili Kepala Balai menyampaikan beberapa poin yang menunjukkan dukungan Balittri terhadap program BUN500 berupa pendampingan oleh 13 pemulia tanaman dalam program pembangunan kebun induk (KI) dan kebun entres (KE), produksi benih siap salur dengan kapasitas 3.000.000 benih per tahun, bimbingan teknis (bimtek) perbenihan, penyediaan inovasi teknologi perbenihan dan narasumber untuk program perbenihan di daerah.

Hasil dari pertemuan ini diharapkan adanya sinergitas program perbenihan perkebunan antara institusi riset, direktorat teknis dan swasta yang dapat meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas perkebunan nasional.

 

Artikel terkait