-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 52 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290475
Balittri Ikutkan Peneliti dalam Bimtek Peningkatan Kompetensi Penulisan Artikel dan Pengelolaan Publikasi Jurnal Internasional Terindeks Global Bereputasi Baik PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nendiyo Adhi Wibowo   
Rabu, 08 Mei 2019 07:30

Inovasi teknologi yang dihasilkan oleh para peneliti di Indonesia perlu didiseminasikan kepada masyarakat dan dunia, salah satunya dalam bentuk penyebaran karya tulis ilmiah melalui media cetak seperti jurnal ilmiah yang bereputasi baik dan terindeks global. Sebagai upaya dalam meningkatkan dan menciptakan sumber daya peneliti yang profesional dalam bidang riset dan publikasi jurnal Internasional, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) mengirimkan beberapa peneliti untuk ikut serta dalam Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Bimtek KTI) Nasional dan Internasional serta Pengelolaan Jurnal Internasional Terindeks Global yang di selenggarakan oleh Badan Litbang Pertanian melalui Puslitbang Perkebunan (Cianjur, 25-27 April 2019).

Bimtek yang bertemakan “Peningkatan Kompetensi dalam Penulisan Artikel dan Pengelolaan Publikasi Jurnal Internasional Terindeks Global Bereputasi Baik” dibuka oleh Ir. Jelfina C. Alouw, Ph.D sebagai ketua panitia sekaligus mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan tercapainya tujuan bimtek KTI yaitu meningkatkan kemampuan peneliti dalam menulis artikel di Jurnal Internasional bereputasi baik dan meningkatkan kompetensi dewan redaksi dan pengelola jurnal sebagai persiapan pendaftaran indeksasi di lembaga pengindeks bereputasi baik seperti Google Scholar, DOAJ, Elsevier Scopus, Proquest EBSCO, dan Thomson Reuters. Melalui kegiatan bimtek ini, Jelfina, yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Puslitbang Perkebunan, mengharapkan bimtek ini dapat memberikan manfaat bagi para peneliti dalam mempublikasikan hasil penelitiannya, mengakselerasi diseminasi teknologi, mempercepat adopsi dan pemanfaatan teknologi inovasi hasil-hasil penelitian perkebunan baik dalam maupun luar negeri.

Kegiatan Bimtek KTI ini diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri atas para pejabat fungsional peneliti/penulis, ketua dewan redaksi dari jurnal Balittri, Balittas, Balit Palma dan Balittro, ketua dan anggota dewan redaksi serta copy editor dari publikasi Puslitbang Perkebunan, Jurnal Littri, Perspektif, Warta dan Infotek. Dalam kegiatan bimtek tersebut, Balittri menugaskan para peneliti dan dewan redaksi diantaranya Ir. Edi Wardiana, M.Si, Dr. Rita Harni, Dr. Nur Ajijah, Dr.Efi Taufik, dan Nendyo Adhi W, M.Biotech.

Penyelenggaraan bimtek KTI berlangsung dengan nuansa yang sangat ilmiah dalam 3 (tiga) bentuk kegiatan antara lain pemaparan materi oleh narasumber, praktek penulisan artikel di jurnal nasional dan internasional bereputasi baik dan terindeks global oleh para peneliti, dan praktek sistem Open Journal System (OJS) oleh para dewan redaksi dan pengelola jurnal. Hadir sebagai narasumber yang sudah berpengalaman sebagai peneliti, dewan redaksi dan ada yang sudah terlibat dalam pengelolaan jurnal internasional terindeks scopus antara lain Prof. Dr. Supriadi, Prof. Dr. Soedarsono, Prof. Dr. I. Komang G. Wiryawan, Prof. Dr. Bahagiawati, dan Prof. Dr. Elna Karmawati. Sedangkan pada sesi praktek pengelolaan pustaka menggunakan Mendeley atau EndNote disampaikan oleh Bursatrianyo, S.Kom. Selanjutnya, pada sesi akhir bimtek dilakukan review terhadap masing-masing KTI yang sudah ditulis oleh para peneliti.

Diharapkan setelah mengikuti bimtek ini, kontribusi peneliti dalam menghasilkan dan mempublikasi inovasi hasil penelitian lebih terasa baik bagi institusi ataupin bagi masyarakat secara umum.

 

Artikel terkait