-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Lapor.go.id
SKM
Saber Pungli
perpus_digital
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
TV-TANI
WBK
Sigap UPG
pui-balittri
PPID

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 29 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1197070
Inisiasi Sinergi Riset LIPI Biorefineri dengan PUI Bioindustri Perkebunan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Tajul Iflah   
Senin, 27 Mei 2019 07:30

Sudah menjadi keharusan suatu institusi riset dapat memperbanyak jejaring interaksi antar lembaga litbang untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas yang mengarah ke penguatan produk inovasi riset sehingga mencegah terjadinya kesamaan topik dalam pelaksanaan kegiatan penelitian. Untuk itu Laboratorium Biorefineri dibawah Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI saling bersinergi dengan PUI Bioindustri Perkebunan dibawah Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) dalam kegiatan riset produksi enzim pektinase.

Kegiatan riset ini pada dasarnya memanfaatkan limbah tanaman perkebunan berupa kulit buah kakao untuk diekstraksi sehingga menghasilkan enzim pektinase. Enzim ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang terlebih industri pangan. Balittri bertindak sebagai L2 yang menyediakan bahan baku utama dan LIPI Bioteknologi sebagai L1 yang mengerjakan setiap tahapan sesuai target output yang diinginkan.

Namun demikian, tim peneliti Balittri juga memiliki akses yang besar untuk mengikuti setiap tahapan proses yang dilakukan. Hingga saat ini, perbedaan jenis varietas kulit buah kakao dan pra perlakuan merupakan beberapa variasi perlakuan yang telah dilakukan oleh tim peneliti Balittri sebelum tahapan ekstraksi pektinase yang akan dilakukan oleh tim LIPI Bioteknologi.

Dalam kunjungan ke Laboratorium Biorefineri pada Rabu (22 Mei 2019), tim peneliti Balittri berkesempatan untuk melihat fasilitas laboratorium yang dimiliki terutama yang digunakan dalam kegiatan riset ini. Dalam pertemuan, kedua pihak juga melakukan banyak diskusi yang berpotensi untuk pengembangan kerjasama riset di tahun mendatang.

Selain itu kedua belah pihak juga berharap penandatanganan surat kesepakatan kerjasama yang dijadwalkan pada pertengahan Juni 2019 dapat segera dilakukan.

 

Artikel terkait