-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK
perpus_digital
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 173 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290394
Kontribusi Balittri dalam Pembahasan Konsep Grand Design BUN500 dan Penyusunan Analisa Ekonomi Tanaman Kopi dan Kakao PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Kamis, 20 Juni 2019 07:30

Pertemuan untuk membahas Konsep Rancangan Grand Design BUN500 dan menyusun analisa ekonomi komoditas perkebunan dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 Juni 2019 di Hotel Sahira Butik, Bogor. Pertemuan tersebut dihadiri oleh 20 orang peserta  yang berasal dari Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dan Riset Perkebunan Nasional (RPN). Peneliti Balittri yang hadir dalam pertemuan tersebut yaitu : Dr. Nur Ajijah dan Ir. Handi Supriadi.  Pertemuan dipimpin oleh Direktur Perbenihan Perkebunan, Ditjenbun Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar, MP.

Salah satu upaya terobosan dalam penyediaan benih tanaman perkebunan dilakukan oleh Ditjenbun melalui Program Membangun Logistik Perbenihan Perkebunan (BUN500). Benih komoditas tanaman perkebunan yang akan disediakan secara masif melalui program BUN500 meliputi Lada, Pala, Cengkeh, Kopi, Kakao, Kelapa, Karet dan Tebu sebanyak 500 juta batang dalam kurun waktu 2019 - 2023. Oleh karena itu, guna keberhasilan Program BUN500JT 2019-2023 diperlukan perencanaan yang matang dan komperehensif, sehingga diperlukan rencana induk (Grand Design) sebagai acuan semua pihak yang terlibat.

Dalam rancangan program BUN500 dengan beberapa pertimbangan, maka disusun kebutuhan benih  (Lada, Pala, Cengkeh, Kopi, Kakao, Kelapa, Karet, dan Tebu) yang diusulkan akan dibiayai melalui APBN Kementerian Pertanian (Kementan) sebagaimana Tabel di bawah ini, Kebutuhan Benih Tanaman Perkebunan Tahun 2019-2023.

Dalam pertemuan tersebut telah disusun draft Konsep Rancangan Grand Design BUN500. Dalam pertemuan tersebut Peneliti Balittri telah menyelesaikan penyusunan struktur ongkos dan analisa ekonomi untuk perbenihan tanaman kakao dan kopi (Arabika dan Robusta) di 19 dan 14 provinsi serta pengembangan Kakao dan Kopi (Arabika dan Robusta) selama 25 tahun.

 

Artikel terkait