-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Lapor.go.id
SKM
Saber Pungli
perpus_digital
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
TV-TANI
WBK
Sigap UPG
pui-balittri
PPID

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 27 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1197092
Tindak Lanjut Observasi Klon Kopi Robusta Unggul di OKU Selatan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Ilham Nur Ardhi Wicaksono   
Jumat, 21 Juni 2019 07:30

Program pelepasan varietas unggul baru di Kabupaten OKU Selatan telah memasuki tahun kedua. Pengambilan data diupayakan lebih optimal sehingga diperoleh informasi yang valid. Berhubung memasuki masa panen raya, maka pada tanggal 15 - 18 Juni 2019, tim bergerak menuju lokasi observasi. Tim terdiri dari gabungan antara peneliti Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), staf Dinas Perkebunan (Disbun) Sumatera Selatan dan staf Dinas Pertanian OKUS. Dari Balittri, Ir. Enny Randriani dan Ilham Wicaksono, M.Si yang membidangi pemuliaan tanaman, proteksi tanaman oleh Funny Soesanthy, M.Si dan sosial ekonomi oleh Bedy Sudjarmoko, M.Si. Sedangkan dari Disbun Sumsel ikut serta Kasie Perbenihan Havisman, M.Si.

Pengamatan tetap difokuskan pada karakter daya hasil per klon. Data dilengkapi dengan pengamatan karakter morfologi tanaman diantaranya cabang, daun dan buah. Selain faktor genetik dari tanaman, proses pelepasan varietas perlu dukungan aspek lain, untuk itu perlu diamati ketahanan terhadap hama dan penyakit serta analisa usaha taninya. Pengamatan hama dilakukan terhadap tingkat serangan PBKo yang relatif banyak dijumpai di lapangan. Sedangkan aspek sosial ekonomi dilakukan dengan pengisian kuesioner dan pengumpulan data sekunder dari dinas setempat.

Tim juga melakukan pengamatan secara detail terhadap pohon induk klon terpilih. Pohon induk tersebut sudah dipastikan merupakan tetua dari klon yang sudah tersebar berdasarkan uji molekuler yang telah dilakukan sebelumnya. Diharapkan dengan semakin lengkapnya data, peluang keberhasilan pelepasan klon unggul akan semakin besar.


 

Artikel terkait