-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK
perpus_digital
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 175 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290403
Penilaian Persiapan Pelepasan Kopi Ateng Super PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Budi Martono   
Selasa, 02 Juli 2019 07:30

Kopi Ateng Super merupakan salah satu kultivar baru kopi Arabika yang banyak ditanam di dataran tinggi Gayo. Kopi Ateng Super memiliki produksi tinggi, perawakan semi katai, dan pucuk daun hijau sehingga mudah dibedakan dari varietas Gayo 1 dan Gayo 2 yang memiliki pucuk daun kecokelatan.

Terkait dengan kegiatan rencana pelepasan kopi Ateng Super sebagai varietas unggul baru, berdasarkan Permentan No. 40/PERMENTAN/TP.010/11/2017 Tentang Pelepasan Varietas Tanaman dan Kepmentan No. 127/KPTS/KB.010/11/2018 Tentang Pedoman Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan bahwa calon varietas yang akan dilepas terlebih dahulu harus dilakukan pengujian. Pengujian kopi Ateng Super dilakukan pada 3 ketinggian tempat, yaitu di Kabupaten Aceh Tengah (ketinggian 1.310 m dpl) dan Kabupaten Bener Meriah (ketinggian 900 dan 1.510  m dpl).

Kegiatan penilaian kopi Ateng Super telah dilakukan antara Balittri dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, Dinas Pertanian Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan dari tgl 17-21 Juni 2019 meliputi penentuan titik koordinat pohon sampel, penandaan pohon sampel, pengambilan sampel daun untuk analisis molekuler, pengambilan sampel buah dan sampel biji dari masing-masing varietas untuk uji citarasa, dan pengambilan sampel tanah pada 3 ketinggian tempat. Hasil kegiatan ini diharapkan bisa mendukung persiapan pelepasan varietas unggul baru Ateng Super.