-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
TV-TANI
Saber Pungli
Sigap UPG
Lapor.go.id
Ejurnal
pui-balittri
SKM
perpus_digital
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 81 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253942
TTP Kopi Siap Laksanakan Diseminasi dengan Bimtek PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Selasa, 09 Juli 2019 08:34

Taman Teknologi Pertanian (TTP) Kopi Bandung merupakan wahana diseminasi untuk teknologi budidaya sampai pascapanen tanaman kopi. Salah satu program di TTP ini adalah bimbingan teknis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam penerapan budidaya dan pascapanen tanaman kopi terutama kopi Arabika. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan melaksanakan  bimbingan teknis budidaya dan pascapanen kopi yang kedua pada tanggal 25 – 27 Juni 2019 di Taman Teknologi Pertanian Kopi yang terletak di Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasasi, Kabupaten Bandung ini dan diikuti oleh 75 orang peserta yang berasal dari kelompok tani – kelompok tani dari sekitar lokasi dan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung. Sebagai narasumber ditugaskan peneliti dari Balittri yaitu Ir. Handi Supriadi untuk materi budidaya kopi dan Eko Heri P, STP untuk pascapanen kopi.

Bimtek TTP Kopi

Bimtek TTP Kopi

Materi budidaya kopi terdiri dari teori dan praktek. Teori yang disampaikan terdiri dari pengenalan varietas, perbanyakan bahan tanaman (perbenihan), persiapan lahan, penanaman dan pemeliharaan tanaman. Untuk praktek difokuskan pada perbanyakan generatif tanaman kopi Arabika mulai dari pembuatan bedengan penyemaian, perlakuan benih, pemeliharaan benih, pemindahan benih ke polibag dan pemeliharaan benih di polybag. Sebagai praktek tambahan adalah penanaman benih kopi di lapang (pembuatan lubang tanam, pupuk dasar dan cara tanam benih) dan pemeliharaan tanaman (pemangkasan).

Bimtek TTP Kopi

Bimtek TTP Kopi

Pada sesi materi pascapanen disampaikan tentang tahapan pengolahan buah kopi arabika menjadi biji beras melalui pengolahan kering, basah dan semi basah serta pengolahan selanjutnya menjadi kopi bubuk. Selanjutnya praktek pengolahan kopi juga dilaksanakan dengan memanfaatkan alat mesin dan fasilitas pengolahan yang telah dibangun di TTP Kopi ini. Praktek pengolahan mulai dari pengupasan kulit buah menggunakan mesin pulper, fermentasi dengan bak fermentasi dan pencucian, pengeringan dengan lantai jemur, pengupasan kulit cangkang kopi dengan mesin huller, penyangraian dengan mesin roaster, pembubukan kopi sangrai dengan grinder dan pengemasan menggunakan mesin continuous sealer.

Bimtek TTP Kopi

Bimtek TTP Kopi

Bimtek TTP Kopi

Selain praktek pengolahan menjadi kopi bubuk, peserta juga melakukan praktek cupping kopi menggunakan biji kopi yang mereka bawa sendiri dari daerah masing-masing dan diolah di TTP Kopi ini. Wilayah sekitar TTP ini dikelilingi oleh pegunungan seperti gunung Haruman dan gunung Wayang yang cocok untuk budidaya tanaman kopi Arabika untuk menghasilkan kopi dengan kualitas dan citarasa yang tinggi.

Bimtek TTP Kopi

Bimtek TTP Kopi