Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1979377
Petani Bogor Mendulang Ilmu Kopi dari Balittri PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dewi Nur Rokhmah   
Rabu, 10 Juli 2019 07:30

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan yang dikembangkan di Kabupaten Bogor dan memiliki potensi cukup besar dengan dua jenis kopi yang diusahakan, yaitu Arabika dan Robusta. Pengembangan komoditas kopi dilakukan pada areal seluas 2.956,59 Ha yang terdiri dari jenis kopi arabika seluas 143,70 Ha yang tersebar di Kecamatan Sukamakmur, sedangkan kopi robusta seluas 2.812,89 Ha yang tersebar di Kecamatan Tanjungsari, Cariu, Sukamakmur, Cisarua, Megamendung, Cigombong, Pamijahan, dan Babakan Madang. Pengembangan komoditas kopi di kabupaten Bogor menghadapi beberapa hambatan, diantaranya  produktivitas tanaman kopi masih rendah akibat banyak tanaman tua dan rusak, kurangnya perawatan tanaman dari serangan hama, dan penanganan pasca panen yang belum optimal.

Bimtek Kopi Bogor 2019

Bimtek Kopi Bogor 2019

Dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas kopi, Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Balittri melaksanakan temu teknis kegiatan pengembangan kopi rakyat program peningkatan produksi tanaman perkebunan tahun anggaran 2019. Temu teknis diadakan tanggal 26-27 Juni 2019 di Taman Sari Hotel & Resort Sukabumi, dengan peserta sebanyak 30 orang petani yang merupakan perwakilan kelompok tani di Kabupaten Bogor.  Peran serta Balittri pada kegiatan temu teknis ini adalah mentransfer ilmu dan teknologi mengenai perkopian dengan menugaskan peneliti dan teknisi yang kompeten untuk menjadi narasumber dan instruktur praktek. 

Bimtek Kopi Bogor 2019

Bimtek Kopi Bogor 2019

Bimtek Kopi Bogor 2019

Agenda temu teknis hari pertama adalah penyampaian materi dari para narasumber Balittri. Dr. Samsudin, M.Si menyampaikan materi mengenai pengendalian hama dan penyakit pada tanaman kopi Robusta, Cici Tresniawati, SP., M.Si menyampaikan materi mengenai perbenihan kopi Robusta, Dewi Nur Rokhmah, SP., M.Sc ditugaskan menyampaikan materi mengenai budi daya tanaman kopi Robusta. Hari kedua, peserta temu teknis melaksanakan praktek lapang di kebun percobaan Pakuwon, Balittri. Praktek yang diajarkan mengenai budi daya kopi, perbenihan, sambung pucuk, dan pemangkasan kopi Robusta dengan dipandu oleh teknisi Balittri. Selain itu peserta berkesempatan untuk mengunjungi tempat pengolahan kopi  didampingi oleh praktisi pengolahan kopi Balittri. Peserta sangat bersemangat mengikuti acara ini dan berharap dapat kembali ke Balittri untuk belajar lebih lanjut.

Bimtek Kopi Bogor 2019

Bimtek Kopi Bogor 2019