-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Lapor.go.id
SKM
Saber Pungli
perpus_digital
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
TV-TANI
WBK
Sigap UPG
pui-balittri
PPID

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 32 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1197031
Persiapan Hari Pangan Sedunia ke 39 Peneliti Balittri Mengunjungi Calon Lokasi Gelar Teknologi dan Panen Raya Kakao di Konawe Selatan Sulawesi Tenggara PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Bariot Hafif dan Saefudin   
Kamis, 11 Juli 2019 07:30

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39, Balai Penelitian Tanaman Industri dan penyegar (Balittri) menugaskan Dr. Bariot Hafif dan Ir. Saefudin ke Kendari Sulawesi Tenggara untuk mengunjungi calon lokasi gelar teknologi budidaya tanaman kakao, sebagai salah satu komoditas utama HPS disamping tanaman sagu, kedua peneliti juga menghadiri Rapat Pleno Panitia pelaksana HPS yang sudah memasuki Rapat Pleno ke 3 di ruang rapat Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara di kota Kendari tanggal 28 juni 2019. Agenda keseluruhan yang diikuti selama 4 hari penugasan di Sulawesi Tenggara adalah sebagai berikut.

Rapat koordinasi dengan Bupati Konawe Selatan di kantor Bupati Konawe Selatan. Dalam rapat ini dijelaskan kepada Bupati Konawe Selatan bahwa dari 3 alternatif calon lokasi yang diajukan tim BPTP Sultra, berkoordinasi dengan Dinas Perkebunan Propinsi Sulawesi Tenggara yaitu Kecamatan Besulutu, Kecamatan Angata dan Kecamatan Koda, telah disetujui Kepala Badan Litbang Pertanian Kecamatan Angata di Kabupaten Konawe Selatan sebagai lokasi Gelar Teknologi Kakao. Oleh karena itu dalam rapat tersebut Tim BPTP memohon Bupati untuk menunjang pelaksanaan persiapan sampai dengan selesai untuk suksesnya kegiatan HPS ke 39 tersebut. Respon Bupati sangat baik dan berterimakasih bahwa wilayahnya dijadikan areal gelar teknologi HPS ke 39. Hadir dalam rapat koordinasi tersebut adalah kepala PU, kepala Dinas ketahanan pangan, kepala dinas tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan mendampingi Bupati Konawe Selatan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapang dan diskusi ke Desa Pudambu Kecamatan Angata Kabupaten Konawe selatan. Beberapa titik dikunjungi yaitu rencana posko gelar teknologi dan panen raya pertanaman kakao milik H. Masse, areal terbuka penunjang gelar teknologi dan panen raya kakao 2019.

Hari berikutnya diisi dengan rapat penyusunan anggaran gelar teknologi kakao pada HPS 39 di kantor BPTP yang dibuka oleh kepala BPTP Kendari Assad, MSc dan dilanjutkan dengan penyusunan anggaran gelar oleh tim BPTP, BP2TP Bogor yaitu Prof. Rubiyo dan Tim Balittri.

 

Rapat pleno persiapan HPS ke 39 di Kendari tanggal 28 Juni 2019 dilaksanakan di kantor Gubernur Sulawesi Tenggara dipimpin sekwilda dan diikuti sekitar 200 peserta dari berbagai dinas, perwakilan Bupati/Walikota, Perguruan Tinggi se Sulawesi Selatan. Banyak aspek dibahas dalam kesempatan ini mulai dari rencana tempat pembukaan, pameran,  gelar teknologi dan panen raya kakao, akomodasi yaitu jumlah kamar hotel di Kendari dan di Konawe Selatan termasuk rumah sewa, jumlah EO yang dibutuhkan, jumlah tamu undangan, peserta dari 34 propinsi dan 512 kabupaten/kota, duta besar negara sahabat, pengawalan, tempat pariwisata yang berpotensi dikunjungi sampai dengan aspek pengaman. Kendala dan hambatan yang mungkin timbul dibahas cukup ramai dalam kesempatan tanya jawab yang sengaja dibuka untuk mencari jalan keluar terbaik. Rapat ditutup dengan disertai harapan agar semua yang masih dianggap kurang untuk segera diperbaiki dan dilengkapi demi suksesnya HPS ke 39.

 

Artikel terkait