-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Lapor.go.id
SKM
Saber Pungli
perpus_digital
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
TV-TANI
WBK
Sigap UPG
pui-balittri
PPID

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 30 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1197039
Efek Bakohumas : B100 Viral PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Tajul Iflah   
Jumat, 05 Juli 2019 07:30

Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) merupakan suatu wadah yang beranggotakan pejabat Kehumasan Kementerian dan Non-Kementerian yang memiliki tugas memberikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat tentang kegiatan dan program yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh pemerintah. Kerjasama humas pemerintah dalam menyebarluaskan kinerja dan capaian merupakan hal yang penting agar masyarakat mendapatkan informasi dari pemerintah secara langsung sehingga akan menimbulkan respon positif.

Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai salah satu kementerian yang memiliki banyak kegiatan strategis yang memiliki inovasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Salah satu kegiatan strategis Kementan saat ini memerlukan publikasi dan dukungan Bakohumas adalah pengembangan Biodiesel B100. Kegiatan ini dianggap sangat relevan dengan arahan Presiden untuk mempercepat pengembangan energi baru dan terbarukan.

Untuk menyebarluaskan mengenai kegiatan strategis ini, maka dilakukan pertemuan Bakohumas pada tanggal 4-5 Juli 2019 di Lido Lake Resort (by MNC Hotel) yang dihadiri sekitar 150 orang Pranata Humas dari berbagai kementerian, lembaga dan juga akademisi. Dalam pertemuan Bakohumas kali ini memiliki tema Biodiesel B100 sebagai Alternatif Bahan Bakar Masa Depan, dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementan.

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sebagai salah satu institusi yang konsen melakukan riset mengenai bahan bakar nabati dibawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) ikut andil dalam pertemuan ini. Dalam presentasi yang dilakukan oleh Kepala Puslitbangbun yang mengangkat topik Progress Penelitian B100 memaparkan kronologis awalnya riset hingga menghasilkan produk inovasi berupa Biodiesel B100. Dalam paparannya juga, Kapuslitbangbun juga memberikan alternatif bahan utama untuk menghasilkan bahan bakar nabati dari tanaman Kemiri Sunan yang memiliki banyak keunggulan diantaranya tidak berkompetisi dengan sumber pangan.

Selain materi yang sangat mengobati rasa penasaran, peserta juga diberi kesempatan untuk tanya jawab mengenai berbagai hal. Dan sesi ini sangat dinanti para peserta terbukti dari antusiasme dalam melakukan diskusi. Dengan dibantu oleh staf peneliti Balittri yang mumpuni dalam bidang bahan bakar nabati, Asif Aunillah S.TP, M.Sc, penasaran peserta mengenai biodiesel B100 dan juga Kemiri Sunan sebagai sumber bahan baku alternatif untuk B100. Di akhir sesi, Kapuslitbangbun juga menayangkan sekilas profil Balittri yang menjadi destinasi untuk kunjungan lapang keesokan harinya.

 

Artikel terkait