Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 21 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1979382
Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III angkatan 13, 14, 15 dan 16 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Mahardika   
Selasa, 16 Juli 2019 07:30

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) CPNS Golongan III angkatan 13, 14, 15 dan 16 Gelombang 1 Kementrian Pertanian (Kementan) dilaksanakan pada tanggal 17 - 16 Agustus 2019. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Biro Organisasi Kepegawaian Kementrian Pertanian Drs. Abdul Halim, M.Si ini diikuti oleh 160 peserta yang berasal dari berbagai satuan kerja Kementan dari Aceh sampai Papua. Kegiatan ini dirancang selama 90 hari dengan metode on campuss dan off campuss. Kegiatan on campuss berlangsung pada 17 Juni – 10 Juli 2019 di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi, Bogor, Jawa Barat dengan pemberian materi mengenai Bela Negara, Nilai Nilai Dasar Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta peran dan kedudukan PNS.

Pemberian materi dilakukan secara online diberikan selama 3 hari sebelum peserta memulai kegiatan di PPMKP, sedangkan materi offline diberikan pada minggu kedua kegiatan. Materi diberikan oleh para Widyaiswara yang berpengalaman di bidangnya. Sebanyak 8 widyaiswara memberikan materi dengan metode pembelajaran orang dewasa. Masing masing peserta mendapatkan kesempatan untuk mengutarakan pendapat dan pengalaman berkaitan dengan topik pelajaran di setiap harinya. Selain itu, kegiatan presentasi dan diskusi juga dilakukan di dalam kelas dengan diselingi games yang dapat mengembalikan konsentrasi peserta. Tak hanya pemberian materi dan diskusi, untuk mengukur keberhasilan pemberian materi, juga diberikan pretest dan post test pada setiap topik pembelajaran. Pada minggu ketiga, dilakukan evaluasi tertulis untuk semua topik yang diajarkan. Ujian berlangsung selama 4 jam dengan 1 kali istirahat. Soal yang diberikan adalah mengenai materi yang diberikan dan studi kasus penerapannya dalam pekerjaan sehari hari.

Selain kegiatan kelas dan pemberian materi, dalam diklatsar on campuss juga dilakukan pembuatan rancangan aktualisasi. Dalam penyusunan draft rancangan aktualisasi, peserta dibimbing oleh pembimbing dari PPMKP yang disebut dengan coach. Selain itu dari masing masing satuan kerja diminta untuk menunuk 1 orang staff sebagai mentor selama kegiatan aktualisasi. Presentasi hasil rancangan yang telah disusun dilakukan pada tanggal 8 dan 9 Juli 2019. Masing masing peserta mendapatkan waktu 45 menit untuk dapat mempresentasikan dan mendapatkan masukan baik dari penguji maupun dari mentor mengenai rancangan kegiatannya. Setelah kegiatan On Campuss, peserta kembali ke satuan kerja masing masing untuk melaksanakan kegiatan aktualisasi selama 23 hari kerja dan akan kembali lagi ke Kampus untuk mempresentasikan hasil kegiatannya bersama penguji, pembimbing dan mentor. Hanya 1 dari 3 orang CPNS Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) yang terdaftar dalam gelombang 1 ini, sedangkan 2 CPNS yang lain terdaftar pada gelombang berikutnya. Banyak ilmu dan pelajaran yang didapatkan peserta selama kegiatan on campuss. Peserta yakin bahwa ilmu yang didapatkan selama diklatsar merupakan bekal yang sangat bermanfaat dalam melaksanakan tugas di lingkungan kementrin pertanian.