-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 56 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290472
Bimtek Pengelolaan Informasi Publik, Asah Kemampuan PPID menuju Badan Publik Informatif PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Arifa Chan & Diah Ayu Rahmawati   
Rabu, 17 Juli 2019 10:20

Dalam rangka pencapaian target Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai Badan Publik lnformatif , serta optimalisasi pelayanan informasi publik melalui penggunaan Portal PPID,  telah diadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Informasi Publik PPID Pelaksana bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkup Kementan. Bertempat di Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta, acara yang berlangsung selama 2 hari (8-9 Juli 2019) tersebut dihadiri oleh 102 peserta yang berasal dari 58 Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) Kementan wilayah barat.

Di hari pertama, acara dibuka oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik Sekretariat Jenderal Kementan, Kuntoro Boga Andri, SP, M.Si, Ph.D yang dalam sambutannya menyampaikan perkembangan pengelolaan kehumasan dan informasi publik di Kementan. Beberapa hal yang menjadi poin penting dalam strategi ke depan kehumasan dan informasi publik adalah target pembenahan pada lingkungan strategis. Target pembenahan tersebut antara lain:

  1. Pemetaan dan alokasi sumber daya (Reorganiasasi, membangun support system, evaluasi daya dukung pihak ketiga, dan lain lain).
  2. Infrastruktur (Daya dukung alat dan ruangan untuk mendukung kinerja)
  3. Sistem (Penyusunan strategi komunikasi terintegrasi, perumusan peta jalan komunikasi publik, pembenahan alur kerja, penentuan standarisasi, dan pembakuan mekanisme).

Acara dilanjutkan dengan pemaparan pengenalan portal PPID Kementan oleh Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Publik, Komarudin, SE, M.Si. Portal PPID Kementan merupakan portal layanan informasi sekaligus menjadi wadah keterbukaan informasi publik bagi seluruh UK/UPT di lingkup Kementan. Keaktifan dalam menggunakan portal PPID oleh masing-masing PPID saat ini masuk dalam kriteria penilaian pemeringkatan keterbukaan informasi publik selain Self Assesment Questionaire (SAQ) dan website.

Pada hari kedua, acara dimulai dengan praktik layanan informasi publik menggunakan Portal PPID yang dipandu oleh Muchril Azwar yang dilanjutkan dengan praktik pendokumentasian informasi publik pada database dokumen portal PPID. Materi terakhir yang diberikan adalah praktik transparansi kinerja sebagai dasar dokumen informasi publik dan ditutup dengan panduan pengisian SAQ pemeringkatan keterbukaan informasi publik lingkup Kementan yang dipandu oleh Mufrida Irfayani.

Diharapkan dengan terselenggaranya acara bimbingan teknis ini, setiap peserta dapat melakukan diseminasi informasi publik dan kehumasan dengan berperan aktif dalam membuka informasi publik melalui situs web dan portal PPID serta memberikan layanan informasi secara transparan.

 

Artikel terkait