-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Pakar Kopi
PPID
Saber Pungli
WBK
Kalender Tanam
TV-TANI
pui-balittri
WBS
satu-layanan
Sigap UPG
Ejurnal
perpus_digital
Lapor.go.id
SKM

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1257601
Balittri Melebarkan Sayap Menjalin Kerjasama dengan Puslit Biotek LIPI melalui Sinergi PUI PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Ajijah   
Rabu, 24 Juli 2019 07:22

Dalam rangka membangun jejaring kerjasama riset  dan  sinergi antara PUI Bioindustri Perkebunan-Balittri dengan PUI Biorefineri Terpadu-Pusat Penelitian Bioteknologi  LIPI telah dilakukan penandatanganan perjanjian Kerjasama (PKS) Penelitian  Produksi Enzim Pektinase menggunakan Limbah kakao antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan dengan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI bertempat di Kompleks Cibinong Science Center-Botanic Garden, Senin 22 Juli 2019. Acara dihadiri oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, Kapuslit Bioteknologi LIPI Dr. Puspita Lisdiyanti M.Agr.Chem., Kapuslitbang Perkebunan Ir. Syafaruddin, PhD, plt Ka Balittri Dr. Ir. Wiratno, M.Env.Mgt , Koordinator PUI Biorefineri Terpadu Dr. Ade Andriani, Koordinator PUI Bioindustri Perkebunan Dr. Nur Ajijah, SP., MSi. serta  penanggung jawab kegiatan riset Dr. Eng. Nanik Rahmani.

Dalam sambutannya  Ir. Syafaruddin, PhD  menyampaikan pentingnya membangun jejaring kerjasama yang luas dengan berbagai pihak dan sangat mendorong UPT-UPT lingkup Puslitbangbun untuk melakukan kerjasama dalam berbagai hal.  Melalui kerjasama dapat dilakukan sharing penggunaan sumber daya sehingga kapasitas dan kapabilitas institusi  semakin meningkat yang pada akhirnya  kinerja institusi juga  dapat ditingkatkan.  Sementara Prof. Dr. Enny Sudarmonowati menyampaikan perlunya melebarkan jejaring kerja sama dan mencari sumber dana penelitian dari pihak ke-3 tidak hanya mengandalkan DIPA. Menurut Enny di luar negeri dana penelitian 70% dari pihak ketiga. Enny juga mendorong para peneliti untuk mau berkompetisi serta membuat proposal untuk menjaring dana penelitian.

Semoga penandatanganan PKS ini menjadi langkah awal untuk kerja sama yang lebih luas antara Balittri khususnya, Puslitbangbun dan Balitbangtan dengan LIPI.

 

Artikel terkait