-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
TV-TANI
PPID
Pakar Kopi
Lapor.go.id
WBS
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
SKM
pui-balittri
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 41 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1151348
Rapat Koordinasi Penajaman Prioritas Riset Nasional (PRN) Bidang Pangan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Asif Aunilla   
Kamis, 01 Agustus 2019 09:31

Rencana induk riset nasional telah disusun oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan sudah memiliki payung hukum untuk di implementasikan pada 2018-2045. Oleh karenanya untuk bisa dikerjakan ke dalam rencana yang lebih detail lagi perlu disusun prioritas riset nasional 5 tahunan 2019-2024. Dalam rangka mensinergikan  kegiatan riset dan memastikan kesiapan pelaksanaan Prioritas Riset Nasional (PRN) 2020-2024, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengelenggarakan rapat koordinasi Penajaman Prioritas Riset Nasional (PRN) Bidang Pangan yang dilakukan pada hari Kamis, 25 Juli 2019 di Hotel Santika, Depok – Jawa Barat.

Acara ini dibuka oleh, Prakoso, Sekertaris Ditjen Penguatan Risbang. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa rapat ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan amanah Perpres No. 38 tahun 2018 pasal 11 ayat 2 tentang Rapat koordinasi Nasional Bidang Riset dan Permenristekdikti No. 40 tahun 2018 pasal 7 tentang Pemantauan dan Evaluasi Prioritas Riset Nasional 2017-2019. Acara selanjutnya dilanjutkan pemaparan, penelaahan dan penajaman matrik flagship PRN yang telah dirancang oleh koordinator dari masing-masing tema flagship PRN.  Acara ini dihadiri perwakilan dari Kementerian Pertanian, Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Standarisasi Nasional (BSN), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (Unibraw) serta beberapa perwakilan lainnya.

Diantara komoditas puslitbang perkebunan yang masuk dalam flagship PRN, adalah Kelapa Sawit. Kepala Bidang KSPHP Puslitbangbun, Ir. Jelfina C. Alouw, MSc, PhD menyampaikan kesiapan Puslitbang Perkebunan dalam mendukung PRN ini. Beberapa tema riset yang diusulkan diantaranya pengembangan varietas unggul sawit, teknologi budidaya ramah lingkungan, pendeteksian marka molekuler, serta pengolahan pascapanennya.