-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
WBK
TV-TANI
PPID
Pakar Kopi
Lapor.go.id
WBS
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
SKM
pui-balittri
Ejurnal
Saber Pungli

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 27 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1151410
Balittri Ikut Ramaikan Sukabumi Coffee Festival 2019 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Eko Heri Purwanto   
Jumat, 02 Agustus 2019 08:00

Balittri ikut berpartisipasi meramaikan acara Sukabumi Coffee Festival 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Sukabumi pada tanggal 27-28 Juli 2019 di halaman Museum Pegadaian Sukabumi. Event yang mengusung komoditas kopi dan budaya  ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti manual brew competition, lomba kuliner dengan bahan baku kopi, sharing session tentang kopi, coffee market place dan art performance.

Sukabumi Coffee Festival 2019

Sukabumi Coffee Festival 2019

Acara dibuka secara resmi oleh wakil wali kota Sukabumi  Andri Setiawan Hamami pada hari pertama dengan harapan event besar yang berskala regional ini mampu membangkitkan usaha bidang perkopian di Sukabumi. Sukabumi Coffee Festival 2019 dapat menjadi ajang memperkenalkan potensi kopi di Sukabumi, meningkatkan semangat para pegiat usaha kopi, menyatukan komunitas kopi yang ada di Sukabumi dan memberikan edukasi kepada masyarakat umum serta semua stakeholder bidang perkopian.

Sukabumi Coffee Festival 2019

Sukabumi Coffee Festival 2019

Sukabumi dikenal sebagai daerah penghasil kopi terbaik pada masa awal masuknya komoditas kopi di Indonesia yang dibawa oleh Belanda meski kemudian redup dan tergantikan oleh komoditas lain. Usaha untuk menghidupkan kembali kopi Sukabumi perlu dilakukan mengingat trend industri kopi berkembang pesat saat ini. Beberapa biji kopi dari penghasil kopi daerah Sukabumi yang ditampilkan oleh berbagai komunitas kopi Sukabumi seperti kelompok tani dan kedai kopi meramaikan acara ini seperti kopi Lengkong, Jampang, kopi Gunung Talang, kopi Gunung Wayang, kopi Selabintana, kopi Loji, kopi Cidahu, Cicurug, Cikareo, Ciambar, Pakuwon dll. Kopi – kopi tersebut bervariasi dari kopi jenis Arabika dan Robusta yang diolah dengan berbagai proses seperti  natural, full washed, semi washed, honey dan winey process.

Sukabumi Coffee Festival 2019

Sukabumi Coffee Festival 2019

Pada hari kedua acara dihadiri oleh wali kota Sukabumi Achmad Fahmi selepas berolah raga pagi dengan sepedanya dan berkenan mengunjungi berbagai stand yang meramaikan acara, mencicipi kuliner bahan baku kopi dan berfoto besama para juri dan peserta yang akan mengikuti manual brew competition.

Sukabumi Coffee Festival 2019

Kompetisi menyeduh kopi secara manual (manual brew competition) berlangsung dari pagi sampai malam pada hari kedua yang diikuti oleh 30 peserta/barista dari berbagai daerah di sekitar Sukabumi dan 10 juri yang bersertifikat nasional/internasional. Kompetisi berlangsung tiga tahap, tahap pertama adalah seleksi dari 30 peserta yang berlomba menyeduh kopi dengan metode pour over dengan biji kopi compulsory yang disediakan oleh panitia. Tahap selanjutnya kompetisi dari 10 peserta terbaik dengan menyajikan kopi seduhannya menggunakan biji kopi terbaik pilihan sendiri. Barista menyiapkan biji kopinya  dengan grinder untuk 3 porsi, menyeduh secara pour over dan menyajikan sambil menceritakan tentang biji kopinya baik jenis, asal, cara mengolah, cara roasting, tingkat kehalusan bubuk, cara menyeduh dan citarasa kopi seduhannya. Selanjutnya ditentukan 3 peserta terbaik, yaitu Juara 1 Dhamaeka dari Sukabumi, juara 2 Emil dari Bandung dan Juara 3 Ade Rio dari Tasikmalaya.

Sukabumi Coffee Festival 2019

Juara Manual Brew Competition Sukabumi Coffee Festival 2019

Balittri menjadi salah satu tenant pada acara ini dengan menampilkan stand berisi contoh bibit kopi dan pohonnya; biji kopi robusta, arabika dan liberika Pakuwon; barista dengan beberapa alat penyeduh kopi baik manual brew maupun mesin esspreso; serta peneliti dan beberapa mahasiswa PKL  yang bertujuan untuk diseminasi komoditas kopi dan memberikan edukasi kepada masyarakat, peminat dan semua pelaku usaha bidang perkopian di Sukabumi.

Sukabumi Coffee Festival 2019