-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
PPID
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 28 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 896101
PELEPASAN VARIETAS UNGGUL BARU KOPI LIBEROID KOMPOSIT MERANTI: LIM-1 DAN LIM-2 PDF Cetak E-mail
Info Teknologi
Oleh Dani   
Jumat, 23 Oktober 2015 14:17

Bogor - Tanggal 22 Oktober 2015 menjadi salah satu momen bersejarah bagi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) karena telah berhasil melepas 2 varietas kopi liberoid bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau. Dalam sidang pelepasan varietas, Tim Penilai dan Pelepas Varietas (TP2V) yang diketuai oleh Dr. Ir. Rasidin Azwar, M.Sc telah menyetujui untuk melepas kedua varietas unggul kopi tersebut masing-masing dengan nama LIM-1 dan LIM-2. Keberadaan varietas unggul kopi liberoid yang terbukti adaptif di lahan gambut tersebut membuka peluang untuk pemanfaatan lahan-lahan marginal yang tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia.

Tim peneliti Balittri yang dipimpin oleh Dr. Budi Martono, M.Si., bersama-sama dengan staf Dishutbun dan petani kopi Kabupaten Kepulauan Meranti, selama lebih kurang 3 tahun telah bekerja keras untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi sifat-sifat unggul kopi liberoid Meranti. Ir. Rudi T. Setiyono dan Drs. Laba Udarno, selaku anggota tim peneliti pemulia Balittri menegaskan bahwa varietas kopi liberoid Meranti memiliki penciri spesifik, baik secara morfologis maupun molekuler, sehingga dapat dibedakan dari varietas yang sudah dilepas sebelumnya, yaitu Libtukom.

 

Buah dan Biji Kopi Varietas LIM-1 dan LIM-2

 

Varietas LIM-1 memiliki potensi produksi 1,69 ton biji beras/ha/tahun, sedangkan LIM-2 sebesar 1,98 ton biji beras/ha/tahun. Citarasa kedua varietas tersebut tergolong kategori “excellent” dengan skor ≥ 80 dan berpotensi untuk menghasilkan kopi spesialti (specialty coffee). Kadar kafein varietas LIM-1 sebesar 1,02% (antara 0,78 – 1,13%)  dan LIM-2 sebesar 1,11%. (Dani)

 

Artikel terkait