-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
satu-layanan
Saber Pungli
SKM
WBS
TV-TANI
WBK
perpus_digital
Ejurnal
Sigap UPG
Lapor.go.id
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 27 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 777064
SOLUSI CERDAS DAN RAMAH LINGKUNGAN MENYIASATI HAMA PBK DENGAN BIOTRIS PDF Cetak E-mail
Info Teknologi
Oleh Widi Amaria   
Rabu, 29 Juni 2016 23:00

Penggerek buah kakao (PBK) yang disebabkan Conopomorpha cramerella seringkali dijumpai di pertanaman kakao. PBK bersifat merusak karena menyebabkan biji kakao tidak berkembang, saling melekat, dan berwarna hitam. Serangan hama ini dapat menurunkan kualitas dan kuantitas buah kakao sehingga akan mengalami kerugian pada saat panen. Usaha pengendalian dapat dilakukan dengan aplikasi insektisida nabati Biotris yang telah diformulasi khusus oleh tim peneliti BALITTRI.  Penggunaan  secara bertahap selama 3 tahun mampu menekan serangan PBK sampai 77,19% dan menekan kehilangan hasil 81,09%. Selain pada tanaman kakao, Biotris juga efektif mengendalikan penggerek batang pada cengkeh, pala, lada, dan hama lainnya.

Insektisida nabati Biotris berbentuk cair, mengandung bahan aktif berupa asam laurat, asam miristat, asam α-eleostearic, dan sitronellal. Keunggulannya antara lain bersifat biodegradable, aman bagi manusia dan lingkungan, serta tidak menimbulkan efek samping (fitotoksitas) pada tanaman.

Biotris

Aplikasi Biotris tidak menyebabkan kematian langsung pada hama sasaran, namun berperan penting dalam aktivitas makan (antifeedant) sehingga perkembangan populasi hama penggerek terhambat dan dapat dikendalikan dengan baik. Di samping itu, mampu menghambat peneluran serangga hama (antioviposisi).

Dosis aplikasi Biotris adalah 5 ml/liter (setara dengan 1 tutup botol kemasan) dimana satu tanaman membutuhkan sekitar 250 ml larutan semprot sehingga untuk populasi 1.600 pohon hanya membutuhkan 2 liter Biotris satu kali semprot. Cara aplikasi untuk pengendalian PBK, yaitu dengan menyemprotkan larutan ke seluruh permukaan buah dan cabang-cabang horizontal. Untuk pengendalian hama penggerek batang dengan menggunakan kapas yang dicelup langsung ke larutan murni Biotris kemudian dipasak di lubang gerekan pada batang tanaman. (WA)