-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 9 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899931
POLIFENOL YANG MENYEHATKAN PADA BIJI KAKAO PDF Cetak E-mail
Info Teknologi
Oleh Elsera Tarigan   
Minggu, 03 Juli 2016 19:33

Kandungan senyawa polifenol pada biji kakao bervariasi tergantung kepada tingkat kematangan buah, varietas/kultivar dan lingkungan tempat tumbuhnya. Senyawa polifenol yang terkandung dalam biji kakao berkontribusi terhadap karakteristik citarasa cokelat karena memberikan rasa sepat (astringent) dan pahit (bitter) yang khas.

Peak area senyawa polifenol pada cokelat bubuk natural dan alkalisasi berdasarkan analisis High Performance Liquid Chromatography (HPLC)

Sumber : Andreas-Lacueva et al. (2008)

Adanya pengolahan kakao seperti fermentasi, pengeringan, penyangraian dan alkalisasi serta proses teknologi produksi lainnya sangat berpengaruh terhadap pengurangan kandungan senyawa polifenol pada biji kakao maupun pada produk turunannya. Walaupun demikian, nilai kapasitas antioksidan dari senyawa polifenol berbagai produk tersebut cukup memadai untuk berkontribusi dalam menyehatkan tubuh manusia.

Kapasitas antioksidan biji kakao forastero sangrai dari beberapa negara  Sumber : Harrington (2011)

Selain mempunyai sifat antioksidan, senyawa polifenol juga mempunyai sifat anti kanker, anti diabetes, anti hipertensi, anti inflamansi, menghilangkan stres, mencegah karies gigi, memperbaiki kemampuan kognitif, meningkatkan resistensi terhadap hemolisis, menyehatkan jantung dan aprosidiak.

Oleh karena itu, dalam berbagai pengolahan yang dilakukan harus tetap menjaga agar pengurangan kandungan polifenol dapat diminimalkan, sehingga produk akhirnya tetap kaya akan kandungan polifenol yang menyehatkan. (Elsera)

Sumber:
Kandungan Senyawa Polifenol pada Biji Kakao dan Kontribusinya Terhadap Kesehatan  (Juniaty Towaha)
Sirkuler Inovasi Tanaman Industri dan Penyegar Vol 2, No 1, (2014): 1 –16