-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

pui-balittri
Sigap UPG
PPID
WBK
Ejurnal
SKM
Saber Pungli
TV-TANI
Kalender Tanam
perpus_digital
Pakar Kopi
WBS
satu-layanan
Lapor.go.id

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 208 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1251188
DAMPAK KERUSAKAN OLEH JAMUR KONTAMINAN PADA BIJI KAKAO SERTA TEKNOLOGI PENGENDALIANNYA PDF Cetak E-mail
Info Teknologi
Oleh Widi Amaria   
Jumat, 15 Juli 2016 04:16

Mutu biji kakao kering dapat dipengaruhi oleh beberapa hal di antaranya kerusakan yang disebabkan oleh jamur kontaminan penghasil toksin (mikotoksin). Keberadaan jamur tersebut dapat dideteksi sejak kegiatan panen dan pasca panen, seperti sortasi, fermentasi, pencucian, pengeringan, dan penyimpanan.

Penanganan Pascapanen Kakao

Jamur Kontaminan pada Biji Kakao

Jenis jamur kontaminan yang sering ditemukan selama tahapan ini berlangsung antara lain marga Aspergillus, Penicillium, Fusarium, Rhizopus, dan Mucor. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan jamur antara lain: suhu dan kelembaban, kadar air, aktivitas serangga, dan penanganan pascapanen. Mikotoksin dihasilkan dari metabolit jamur-jamur kontaminan, dan jenis yang mendominasi pada biji kakao adalah aflatoksin dan okratoksin. Kedua jenis mikotoksin tersebut selain dapat menurunkan mutu maupun kuantitas biji dan produk olahannya, juga bersifat toksik/racun yang berbahaya bagi manusia karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kanker hati dan ginjal. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencegahan (penerapan HACCP dan monitoring sanitasi selama proses berlangsung) dan pengendalian terhadap jamur kontaminan penghasil mikotoksin seperti penggunaan pestisida nabati (ekstrak tanaman dari lada, serai, cengkeh, dan kembang bulan; serta juga dapat digunakan minyak atsiri dari mimba) dan pengendalian hayati (beberapa jenis jamur dan bakteri yang bersifat antagonis) pada semua tahapan kegiatan untuk memperoleh biji kakao kering dengan mutu terbaik. (Tajul Iflah)

Sumber:
Dampak Kerusakan Oleh Jamur Kontaminan Pada Biji Kakao Serta Teknologi Pengendaliannya (Widi Amaria, Tajul Iflah dan Rita Harni)
Bunga Rampai: Inovasi Teknologi Bioindustri Kakao (2014): 199-212