-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBK
Lapor.go.id
Pakar Kopi
WBS
Sigap UPG
SKM
Ejurnal
Kalender Tanam
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Saber Pungli
perpus_digital
PPID

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 12 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1144454
ENTOMOPATOGEN Lecanicillium lecanii PENGENDALI Helopeltis antonii PADA TANAMAN TEH PDF Cetak E-mail
Info Teknologi
Oleh Widi Amaria   
Senin, 19 September 2016 20:48

Pengaruh kerapatan konidia Lecanicillium lecanii terhadap jumlah bercak nekrosis pada daun teh

Serangan Helopeltis antonii pada tanaman teh mengakibatkan kerugian 50%-100%. Penggunaan jamur entomopatogen Lecanicillium lecanii secara tunggal maupun kombinasi dengan insektisida nabati berpotensi sebagai pengendali H. antonii. Jamur ini telah diuji di laboratorium terhadap mortalitas dan perkembangan nimfa H. antonii, serta persentase pengurangan makan. Di samping itu juga dilakukan uji kompatibilitas L. lecanii dengan insektisida nabati serbuk Piper retrofractum, Tephrosia vogelii, dan Annona squamosa. Uji infektivitas dan antifedansi dilakukan pada empat kerapatan, yaitu 106, 107, 108, 109 konidia/ml dan kontrol, sedangkan uji kompatibilitas masing-masing dengan konsentrasi 2,5%; 5,0%; 7,5%; dan kontrol. Hasil pengujian menunjukkan L. lecanii mampu menginfeksi dan mematikan nimfa H. antonii sebesar 65%  dan mengurangi makan sebesar 83,04%. Penambahan serbuk A. squamosa dan T. vogelii masing-masing sebesar 2,5%–7,5% tidak mempengaruhi pertumbuhan koloni L. lecanii, berarti bahwa kedua insektisida nabati tersebut kompatibel dengan L. lecanii dan berpotensi untuk mengendalikan H. antonii. (Widi Amaria/Arifa Chan)

Pertumbuhan koloni Lecanicillium lecanii pada PDA yang ditambah serbuk Tephrosia vogelii (TV)  Pertumbuhan koloni Lecanicillium lecanii pada PDA yang ditambah serbuk Annona squamosa (AS)

Pertumbuhan koloni Lecanicillium lecanii pada PDA yang ditambah serbuk Tephrosia vogelii (TV) dan serbuk Annona squamosa (AS)

Sumber:
Potensi Lecanicillium lecanii untuk pengendalian Helopeltis antonii pada tanaman teh (Gusti Indriati, Samsudin, dan Widi Amaria)
Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar Vol 2, No 2 (2015): 99-106