-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
Lapor.go.id
Saber Pungli
SKM
WBS
Ejurnal
PPID
Kalender Tanam
WBK
Sigap UPG
perpus_digital
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 17 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 980690
PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN KEBUN PERCOBAAN YANG TERINTEGRASI MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) PDF Cetak E-mail
Info Teknologi
Oleh Nendyo Adhi Wibowo   
Rabu, 30 November 2016 21:23

Sistem Informasi Geografi (SIG) merupakan suatu sistem komputer untuk menangkap, mengatur, mengintegrasi, memanipulasi, menganalisis, dan menyajikan data yang bereferensi ke bumi. Komponen utama dalam SIG dibagi kedalam empat komponen utama, yaitu: perangkat keras, perangkat lunak, organisasi/manajemen dan pemakai.

Pengelolaan data dasar tanah dan kelas lahan berbasis SIG akan didapatkan distribusi spasial  jenis dan tingkat kesuburan tanah, serta faktor-faktor pembatas yang ada sehingga dapat mempermudah perencanaan pengembangan jenis-jenis komoditas pertanian dan penggunaan lahan yang sesuai dengan potensi sumber daya lahan di kebun percobaan.

Pengembangan kebun percobaan sebagai laboratorium lapang memerlukan data dasar tanah dan kelas lahan yang telah terbagi menjadi peta blok sesuai dengan tingkat kesesuaian lahan dan faktor pembatas pertumbuhan tanaman. Konsep pengembangan kebun percobaan harus mempertimbangkan aspek konservasi tanah  dan air terpadu karena sangat mendukung terhadap kesuburan fisika, kimia, dan hayati tanah; kerapatan vegetasi akan menjamin kadar humus dalam tanah tinggi sehingga akan meningkatkan porositas total tanah dalam kerangka pemanfaatan lahan secara harmonis, menyeluruh dan terpadu, serta berkelanjutan. Pengelolaan data dasar tanah dan kelas lahan berbasis SIG akan didapatkan distribusi spasial jenis dan tingkat kesuburan tanah, serta faktor-faktor pembatas yang ada sehingga dapat mempermudah perencanaan pengembangan jenis-jenis komoditas pertanian dan penggunaan lahan yang sesuai dengan potensi sumber daya lahan di kebun percobaan, seperti pada lahan KP Balittri yaitu KP Pakuwon, KP Cahaya Negeri Lampung, dan KP Gn Putri. (Syafaruddin/Nendyo Adhi Wibowo)

Sumber:
Penggunaan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Pengembangan Kebun Percobaan (Bambang Eka Tjahjana, Nana Heryana, dan Nendyo Adhi Wibowo)
Sirkuler Inovasi Tanaman Industri dan Penyegar SIRINOV, Vol 3 (2) 2015: 103 – 112