-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
Saber Pungli
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
WBS
PPID
Sigap UPG
pui-balittri
WBK
TV-TANI
SKM
Lapor.go.id
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 24 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1282631
POTENSI BIOMASSA LIMBAH KAKAO DAN KOPI SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF BIOHIDROGEN PDF Cetak E-mail
Info Teknologi
Oleh Nendyo Adhi Wibowo   
Kamis, 20 Oktober 2016 21:56

Seiring dengan pencarian sumber bahan energi alternatif untuk memproduksi sumber hidrogen, maka saat ini tengah  dikembangkan produksi hidrogen dari biomassa DIANTARANYA bersumber dari limbah biomassa kakao dan kopi. Keunggulan dari biohidrogen ini adalah dapat dihasilkan dari bahan yang dapat diperbaharui, ramah lingkungan, hasil pembakaran berupa uap air yang tidak menyebabkan efek rumah kaca, hujan asam dan merusak lapisan ozon. Selain itu proses produksi dapat berlangsung pada tekanan dan suhu ruang, biaya produksi lebih rendah dan dapat memanfaatkan limbah hasil perkebunan sebagai substratnya.

Upaya mencari bahan baku yang lebih murah dalam produksi gas  biohidrogen adalah menggunakan limbah perkebunan yang dapat dikonversi menjadi glukosa. Limbah kakao mengandung 14,58% selulosa, 4,32% lignin, dan 10,35% kadar air. Sedangkan kulit gelondong kopi kering terdiri atas 12,4% gula reduksi, 2.02% gula non pereduksi, dan lendir kering kopi mengandung 30% gula pereduksi, 17% selulosa.

Limbah kakao dapat dihidrolisis secara kimiawi maupun biologi untuk menghasilkan gula reduksi seperti glukosa dan xylosa. Glukosa dan xylosa yang diperoleh dari proses hidrolisis dapat difermentasi lebih lanjut untuk menghasilkan hidrogen. Produksi hidrogen dapat dilakukan melalui proses non-fotosintetik dengan  beberapa keunggulan antara lain tidak memerlukan cahaya matahari sehingga bisa berlangsung sepanjang hari.


Sumber:
Pengembangan Energi Alternatif Biohidrogen Berbasis Biomassa Limbah Kakao dan Kopi (Nendyo Adhi Wibowo dan Bambang Eka Tjahjana)
Sirkuler Inovasi Tanaman Industri dan Penyegar SIRINOV, Vol 2 (2) 2014: 113 – 122