-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
SKM
WBS
Ejurnal
PPID
Kalender Tanam
WBK
Sigap UPG
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
Lapor.go.id

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 35 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 981118
PEMUPUKAN EKSTRA DAN PEMBERIAN MIKORIZA MAMPU MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN KARET MUDA PADA MODEL PEREMAJAAN KARET SECARA BERTAHAP PDF Cetak E-mail
Info Teknologi
Oleh Widi Amaria   
Jumat, 16 Desember 2016 10:57

Penerapan model peremajaan karet secara bertahap dalam upaya meningkatkan produktivitas karet rakyat, mempunyai kelemahan dalam hal keragaman pertumbuhan tanaman muda di lapangan. Namun demikian, dengan pemberian dosis pupuk rekomendasi dan mikoriza dapat mengatasi kendala tersebut. Penelitian telah dilaksanakan selama 2 tahun di Desa  Ramsay, Kecamatan Way Tuba, Lampung. Pemberian pupuk dilakukan dua kali setahun, sedangkan mikoriza diberikan satu kali setahun pada akhir musim hujan. Bahan tanaman yang digunakan adalah klon karet PB 260, dengan teknik budidaya standar seperti penyiangan, bobokor, dan penyiraman saat musim kemarau.

 

Hasil penelitian menunjukkan pemberian pupuk ekstra 25% dari rekomendasi + mikoriza mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman karet muda. Dosis pupuk 125% dari rekomendasi + mikoriza dapat menghasilkan pertumbuhan tanaman umur 2 tahun sama dengan pertumbuhan tanaman umur 3 tahun yang dipupuk dengan dosis rekomendasi. Mikoriza bekerja secara sinergis dengan pupuk anorganik dan mampu meningkatkan efektivitas, serta efisiensi pemupukan ekstra pada model peremajaan karet secara bertahap.


Sumber:
Pengaruh Pemupukan dan Mikoriza terhadap Pertumbuhan Tanaman Karet Muda Pada Model Peremajaan Bertahap (Yulius Ferry, Rusli, dan Juniaty Towaha)
Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar Vol (2) 2015: 85-90

 

Artikel terkait