Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBK
Ejurnal
PPID
Kalender Tanam
TV-TANI
WTP
satu-layanan
perpus_digital
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 30 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 562164
CITARASA KOPI ROBUSTA KLON BP 42, BP 358 DAN BP 308 ASAL BALI DAN LAMPUNG PDF Cetak E-mail
Info Teknologi
Oleh Elsera Tarigan   
Senin, 16 Januari 2017 11:56

Produksi kopi Indonesia didominasi jenis Robusta sehingga memiliki peran penting bagi perekonomian mayoritas pekebun kopi. Upaya peningkatan produktivitas kopi Robusta terus dilakukan, salah satunya melalui penggunaan bahan tanam unggul. Klon BP 42, BP 358 dan BP 308 merupakan klon anjuran kopi Robusta yang sudah banyak ditanam di perkebunan rakyat. Namun, mutu citarasa kopi yang dihasilkan dapat bervariasi sesuai dengan klon/varietas dan kondisi agroekosistem serta teknologi budidaya yang diterapkan.

Tim peneliti pasca panen Balittri melakukan pengujian mutu citarasa kopi klon BP 42, BP 358 dan BP 308 yang ditanam di Lampung Barat (+ 850 m dpl, iklim sangat basah) dan di Tabanan, Bali (650 m dpl, iklim basah). Hasil pengujian membuktikan bahwa Klon BP 42 memiliki citarasa paling tinggi di kedua lokasi tersebut. Rata-rata total skor citarasa tiga klon kopi Robusta yang ditanam di Tabanan, Bali lebih tinggi dibandingkan dengan yang ditanam di Lampung. Kopi  Robusta yang ditanam di Tabanan, Bali memiliki aroma Caramel dan Cokelat,  sedangkan yang ditanam di Lampung memiliki aroma notes green dan stale. Hal ini disebabkan pertanaman kopi Robusta di wilayah Lampung telah terkena serangan hama penggerek buah kopi (PBKo).


Sumber: Eko Heri Purwanto, Rubiyo dan Juniaty Towaha. Karakteristik mutu dan citarasa kopi robusta klon BP 42, BP 358 dan BP 308 asal Bali dan Lampung.  Sirinov, Vol 3. No. 2. Agustus 2015.