-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
Pakar Kopi
pui-balittri
PPID
WBS
Ejurnal
perpus_digital
WBK
satu-layanan
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
TV-TANI
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 29 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1152653
MANFAAT ARANG SEKAM PADA PEMBIBITAN KAKAO PDF Cetak E-mail
Info Teknologi
Oleh Dewi Nur Rokhmah   
Jumat, 07 April 2017 02:35

Pembibitan kakao dalam polibag memerlukan media tanam yang gembur, subur, dan mampu menyimpan air. Penyiapan media tanam merupakan faktor utama untuk menghasilkan pertumbuhan bibit kakao yang optimal. Media pembibitan harus memiliki hara yang cukup dan sifat fisik yang mendukung pertumbuhan bibit kakao. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan media pembibitan kakao yaitu dengan menambahkan arang sekam.

Limbah sekam padi dapat diolah menjadi arang kemudian bisa digunakan sebagai bahan pembenah tanah. Arang sekam memiliki fungsi sebagai pembenah tanah sehingga dapat memperbaiki sifat fisik dan mampu mengikat hara tanah. Arang sekam padi telah banyak digunakan sebagai media atau campuran media pembibitan kakao dalam polibag.

Penambahan arang sekam dapat meningkatkan pH, meningkatkan ketersediaan P, dan menyerap kelebihan CO2 tanah. Selain itu arang sekam berfungsi untuk menggemburkan tanah sehingga mempermudah akar tanaman menyerap unsur hara. Pengaruh awal pemberian arang sekam sebanyak 2% memperlihatkan pertumbuhan bibit kakao yang lebih baik.

Sumber: Medkom 2016