Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pui-balittri
WBS
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Saber Pungli
perpus_digital
Ejurnal
WBK
satu-layanan
LPSE
TV-TANI
SKM
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 16 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1667971
Laboratorium PDF Cetak E-mail
Profil Balittri


1. Laboratorium Terpadu

Laboratorium Terpadu berdiri pada tahun 2014 dimaksudkan untuk mengakomodir dan mewadahi ketiga laboratorium di lingkup Balittri yang didukung beberapa fasilitas seperti Realtime PCR, AAS, dan lain-lain.


2. Laboratorium Molekuler dan Kultur Jaringan

Laboratorium molekuler dan kultur jaringan merupakan sarana untuk mendukung pelaksanaan kegiatan penelitian komoditas karet, kopi, kakao, dan teh. Kegiatan yang dilakukan dalam laboratorium ini antara lain penelitian penanda molekuler, sitogenetika, dan embriogenesis somatik.


3. Laboratorium Tanah dan Tanaman

Laboratorium tanah dan tanaman merupakan sarana untuk mendukung pelaksanaan kegiatan analisis kimia tanah, fisiologi tanaman, uji kualitas pupuk (organik dan anorganik), dan analisis fisika tanah.


4. Laboratorium Proteksi Tanaman

Laboratorium proteksi tanaman merupakan sarana untuk mendukung pelaksanaan penelitian hama dan penyakit tanaman, serta formulasi pestisida nabati dan agens hayati untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman karet, kopi, kakao, dan teh.


4. Laboratorium Bioindustri

Laboratorium bioindustri dilengkapi dengan peralatan penanganan dan pengolahan kopi dan kakao. Fasilitas yang tersedia memiliki kapasitas pengolahan skala laboratorium maupun skala industri kecil untuk meningkatkan nilai tambah produk kopi dan kakao. Laboratorium bioindustri ini ditunjang dengan model laboratorium lapang bioindustri sebagai show window inovasi teknologi kopi dan kakao yang terintegrasi dan ramah lingkungan. Model laboratorium lapang ini dikembangkan dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan melalui berbagai jenis pola tanam dengan tanaman produktif, integrasi dengan ternak kambing dan sapi, serta pengolahan produk utama maupun hasil samping dengan konsep zero waste.