-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 17 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 876441

Dr. Ir. Bariot Hafif, M.Sc

     
Unit Kerja:
Balittri
Pendidikan:
S3
Jabatan:
Peneliti Ilmu Tanah
Bidang Keahlian:
Ekofis (Konservasi Tanah dan Hidrologi)
E-mail:
hafif_bariot@yahoo.co.id

Curriculum Vitae


Dr. Ir. Bariot Hafif, M.Sc. dilahirkan di Bukittinggi pada tahun 1964. Beliau menyelesaikan pendidikan dasar sampai tingkat SLTA di kota ini. Gelar sarjana pertanian (S1), jurusan ilmu tanah didapatkan dari Universitas Andalas Padang pada tahun 1988. Master of science (S2) di dalam ilmu yang sama didapatkan dari The University of the Philippines (UP) Los Banos pada tahun 2001. Pada tahun 2011 beliau mendapatkan gelar Doktor (S3) dalam bidang ilmu tanah di Institut Pertanian Bogor.

Bekerja sebagai peneliti dimulai di Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat di Bogor pada tahun 1990. Di Pusat Penelitian tersebut beliau melaksanakan penelitian konservasi tanah dan air di Kuamang Kuning Jambi, pengelolaan air di Jawa Tengah, melakukan survei identifikasi sifat fisik tanah untuk pencetakan sawah baru di Sulawesi Tengah, Sumatera Selatan dan identifikasi lahan terdegradasi di NTT, Bali, dan beberapa daerah lainnya. Pada tahun 1993-1995 yang bersangkutan ditugaskan pada kegiatan Proyek Bangun Desa II, sebagai penanggung jawab kegiatan penelitian Sistem Usahatani Konservasi/SUK di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pada tahun 1995-1996 beliau mendapat kesempatan mengikuti pelatihan Tropical Agriculture and Forestry Resources di Okinawa Jepang. Pada tahun 2003 peneliti ini pindah bekerja ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung dan diberi tugas melakukan penelitian dan pengkajian di dalam bidang sumberdaya lahan.

Hasil-hasil penelitian beliau seperti pengelolaan usahatani pisang dan cabai pada lahan marginal, teknologi pemanenan air hujan sebagai sumber air irigasi suplemen pada lahan kering marginal, beberapa makalah terkait pemetaan pewilayahan komoditas dan optimasi produktivitas lahan sub optimal di Provinsi Lampung, telah dipublikasi melalui Prosiding, Jurnal Nasional, Jurnal Internasional dan beberapa majalah semi popular. Setelah menyelesaikan studi S3 di IPB pada tahun 2011, selain terus melanjutkan penelitian dan pengkajian, yang bersangkutan juga ditugaskan sebagai Koordinator Program BPTP Lampung sampai tahun 2015. Untuk menunjang tugas tersebut yang bersangkutan diberi kesempatan mengikuti beberapa pelatihan, diantaranya pelatihan Perencanaan dan Penyusunan Program, Pengadaan, Sistem Dinamik dan Management Development Program , di Asian Institute of Management, Philippines .

Pada awal Maret 2016 beliau dipromosikan ke Balittri dan ditugaskan sebagai Kepala Seksi Yantek (Pelayanan Teknis).